Bikin Spion Mobil Murah Datsun Jadi Lebih Kece

Senin, 10 Agustus 2015 | 07:41 WIB
KompasOtomotif-donny apriliananda Datsun Go edisi spesial yang dipajang di booth Datsun PRJ, Kemayoran, 2015.

Jakarta, KompasOtomotif – Datsun Indonesia punya dua model di segmen mobil murah (low cost green car/LCGC). Pertama GO+ Panca yang memiliki kapasitas penumpang 5 plus 2, dan hatcback GO Panca. Keduanya sudah banyak beredar di jalanan Indonesia.

Mengusung konsep mobil murah, tentunya ada detail yang masih sering dianggap kurang. Salah satunya adalah desain cover kaca spion yang kurang kece. Datsun hanya membuatnya dengan bahan plastik.

Toko spesialis variasi lampu dan spion mobil Rizky Motor di Mega Glodok Kemayoran (MGK) lantai lima blok E9 nomor 7, Jakarta Pusat, menerima jasa penggantian rumah spion untuk semua mobil, termasuk Datsun.

“Saya sudah sering sekali melayani konsumen Datsun yang mengganti rumah kaca spionnya. Mau bentuknya seperti apa, itu terserah dari konsumennya,” tutur Yudi Taryudi sang pemilik toko saat ditemui KompasOtomotif akhir pekan lalu.

Menurut Yudi, konsumen yang mengganti rumah spion Datsun sudah cukup banyak. Mereka  mengubah dengan model yang biasa hingga yang bisa mengembang dan menutup sendiri. Harganya pun bervariasi, tergantung apa yang diinginkan.

“Kalau paket lengkap dalam artian sudah sama mengurut kabel, saklar bisa sampai Rp 1,9 juta sepasang. Itu pakai rumah spion Xenia yang sudah elektrik dan tersedia lampu sein,” ucap dia.

Desain rumah spion yang ditawarkan cukup beragam. Konsumen juga bisa menggunakan model Avanza dan All-New Yaris. Tapi harganya lebih mahal ketimbang model yang biasa-biasa saja.

“Kalau menggunakan New Avanza Rp 2,5 jutaan, yang All-New Yaris bisa sampai Rp 3 jutaan sepasang, termasuk jasa pemasangannya,” pungkasnya. 

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian