Ini Cara Membedakan Kaca Film Asli atau Palsu

Jumat, 7 Agustus 2015 | 17:27 WIB
Aditya Maulana Contoh pemasangan kaca film mobil di gerai Griya Auto Film yang berada di MGK

Jakarta, KompasOtomotif – Hati-hati jika ingin membeli kaca film, khususnya merek 3M. Pasalnya, merek ini bisa dibilang banyak penggemarnya dan namanya sudah dikenal sebagian besar konsumen pemilik mobil pribadi, dari segi harga juga tidak terlalu murah dan tidak kemahalan. Peluang ini kemudian yang coba dimanfaatkan para pebinis yang bepraktik curang, menciptakan produk palsu.

Nah, agar Anda tidak tertipu ketika mau beli kaca film 3M, ada beberaa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli. Agus Setiadi, pemilik toko Griya Auto Film, selaku distributor resmi kaca film 3M memberikan beberapa panduan mudah.

Menurut Agus, paling mudah memastikan produk kaca film itu asli atau palsu, lewat logo yang embos di permukaan kaca film. Perhatikan benar bentuk logo ini, produk asli punya bentuk logo 3M yang khas, dengan ukuran yang kecil, berbeda dengan yang palsu.

“Ukuran logo 3M asli itu kira-kita setengah sentimenter, jika yang palsu lebih besar atau sekitar satu sentimenter,” ungkap Agus kepada KompasOtomotif, Jumat (7/8/2015).

Ciri kedua bisa dilihat dari warna kaca film tersebut. 3M yang asli terlihat lebih pekat ketimbang yang palsu. Ketiga, jika sudah terpasang di kaca mobil, sorotan sinar matahari akan lebih terasa panas ke kabin.

Menurut Agus, ciri keempat, jika ditawarkan dengan harga yang relatif murah maka patut curigai. Dan yang terakhir adalah mengenai kartu garansi. Kaca film 3M asli menggunakan kartu seperti ATM, sedangkan yang palsu hanya terbuat dari kertas biasa.

“Setiap pembelian kaca film 3M asli akan diberikan kartu garansi yang terbuat dari kartu seperti ATM, jika diberikan yang berbentuk seperti karton maka itu palsu. Garansi juga diberikan selama 5 tahun,” kata Agus, menjelaskan.

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Agung Kurniawan