Akhir yang Manis dari Mitsubishi Lancer Evo X

Sabtu, 25 Juli 2015 | 11:01 WIB
Leftlanenews Mitsubishi Lancer Evolution Final Edition

Tokyo, KompasOtomotif - Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan bahwa Lancer Evolution X edisi penutup sudah selesai diproduksi dengan kuota 1.000 unit. Mitsubishi juga sudah membuka pemesanan untuk Evo Final Edition tersebut.

Hebatnya, sedan legendaris performa tinggi ini langsung banjir peminat. Dari 1.000 unit yang diproduksi, Mitsubishi melaporkan hampir semuanya sudah mendapatkan pemesan. Para peminat memang sudah melakukan pre-order sejak April lalu.

Lancer Evolution adalah sedan sport flagship milik Mitsubishi. Ada 10 generasi yang sudah diciptakan, sejak generasi pertama dilahirkan pada 1992 silam, hingga Lancer Evolution X sebagai generasi terakhir.

Evo suskes menjadi jawara di banyak ajang reli bergengsi dunia, dan tentu saja di kejuaraan  World Rally Championship (WRC). Evo memiliki andalan sistem 4WD dan sistem Active Yaw Control (AYC). Teknologi ini mampu membantu saat mobil berada dalam tikungan. Sistem elektronik akan mengendalikan torsi khusus pada roda kiri dan kanan. Ini adalah teknologi tinggi yang sukses dikembangkan Mitsubishi.

motorauthority Mitsubishi Lancer Evolution edisi 2015 menjadi model pamungkas.
Akhir hayat

Mitsubishi akhirnya mengubah konsep perusahaan dengan mengembangkan dan menjual kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Mitsubishi pun memutuskan untuk mengakhiri produksi Lancer Evolution pada Maret 2014. Ini adalah akhir dari perjalanan panjang selama 23 tahun dan ditutup dengan Final Edition Lancer Evolution.

Meskipun hanya 1.000 unit yang diproduksi, antusiasme luar biasa diberikan Mitsubishi dalam perancangannya. Evo akan mendapat peningkatan performa yang apik pada mesin. Spesifikasi  yang terungkap memiliki output maksimum 308 tk dan torsi maksimum 429 Nm. Angka itu naik 12,8 tk dan 7 Nm mdibandingkan dengan model konvensional.

Konsumen harus merogoh kocek sebesar 4.298.400 yen atau setara dengan Rp 467,7 juta buat membawa pulang model pamungkas ini.

"Meskipun sejarah Lancer Evolution akan berakhir, teknologi yang dikembangkan di dalamnya dan gen sporty Evo  akan diteruskan ke generasi berikut  kendaraan Mitsubishi," tulis Mitsubishi dalam situs resminya seperti dilansir ResponseJP, Sabtu (25/7/2015).

Penulis :
Editor : Azwar Ferdian