Peugeot Indonesia Absen Lagi di Pameran Otomotif

Jumat, 10 Juli 2015 | 17:02 WIB
Agung Kurniawan Peugeot RCZ

Jakarta, KompasOtomotif – Astra International-Peugeot (Peugeot Indonesia) kembali absen di pameran otomotif akbar di Tanah Air pada tahun ini. Merek asal Perancis itu terakhir kali menjadi eksibitor Indonesia International Motor Show 2013.

Chief Executive Officer Peugeot Indonesia Constantinus Herlijoso mengungkap alasan serupa ketika memutuskan absen pada 2014, yaitu tidak ada model baru yang diluncurkan tahun ini. “Ya, dari sisi produk kita belum ada yang baru, masa kita display mobil yang sama seperti satu dua tahun yang lalu, kan ga seru,” katanya di Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Peugeot terasa seperti tenggelam dari tahun ke tahun, dinilai dari hasil penjualan selalu menurun dan kehilangan daya saing bersama merek Eropa lain di Indonesia. Menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) pada 2013 Peugeot Indonesia mampu menjual 270 unit, lalu turun drastis pada 2014 menjadi 65 unit. Sepanjang Januari – Mei 2015, baru ada 23 unit yang beredar di diler resmi.

Constantinus mengatakan, Peugeot Indonesia sangat terpengaruh kondisi nilai mata uang rupiah dengan dollar Amerika Serikat dan euro. Situasi sulit sekarang menuntut perusahaan bertahan sambil mengolah strategi pemasaran. “Eksistensi kita paka cara yang lain,” kata Constantinus.

Sebelumnya telah diberitakan Peugeot Indonesia menggelar program pembelian RCZ berhadiah Daihatsu Ayla. Setelah itu ada pula program potongan harga spare part sampai 20 persen untuk semua model.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian