Paus Fransiskus Pilih Hyundai Santa Fe Diesel

Selasa, 9 Juni 2015 | 07:07 WIB
worldcarfans Hyundai Santa Fe diesel dengan modifikasi khusus digunakan Paus Fransiskus.

Vatikan City, KompasOtomotif – Hyundai Santa Fe dipilih Paus Fransiskus sebagai salah satu mobil dinas atau yang biasa disebut Popemobile. Tampak pada acara khusus beberapa hari lalu di St. Peter’s Square, SUV buatan Korea Selatan itu diajak menyapa umat Katolik yang sudah berkumpul.

Paus tak lagi menggunakan Mercedes-Benz M-Class khusus dengan kaca anti-peluru. Entah apa alasan Santa Fe dipilih, namun beberapa media menyebut karena Paus ingin kendaraan yang lebih simpel dan ramping untuk diajak berkeliling.

worldcarfans Bagian belakang dan samping, tampak ditambah tangga untuk naik-tirin Paus Fransiskus.

Mobil bermesin diesel itu pun dimodifikasi tanpa atap. Konfigurasi tempat duduk 5-penumpang, dua di depan untuk pengemudi dan pengawal, baris kedua untuk Paus duduk dan berdiri. Bagian tengah ini diberi semacam tangga untuk naik-turun, plus pegangan khusus untuk Paus berdiri.

Memang, mobil ini tak lagi anti-peluru layaknya mobil khusus dari Mercedes-Benz. Namun seperti ditulis worldcarfans, Senin (8/6/2015), Hyundai Santa Fe CRDi ini hanya digunakan di lingkungan yang dianggap benar-benar aman.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan