Peugeot Akan “Suntik Mati” Salah Satu Model

Minggu, 3 Mei 2015 | 19:45 WIB
Agung Kurniawan Peugeot RCZ

Paris, KompasOtomotif – Mobil sport dengan ciri kaca belakang melengkung dari Peugeot, RCZ, telah diputuskan “disuntik mati” di akhir siklus hidup. Artinya, generasi RCZ yang kini masih beredar akan menjadi model terakhir.

“Saya cinta RCZ tapi kami mau fokus membuat yang terbaik dari model inti kami,” ujar CEO Peugeot Maxime Picat di Shanghai Motor Show lalu seperti diberitakan Leftlanenews, Sabtu (2/5/2015).

RCZ adalah mobil sport jalanan terkuat milik Peugeot. Di pasaran, model ini relatif berhasil, namun tetap tidak menemukan volume yang sesuai operasional pabrik. RCZ jadi "korban" rencana besar Peugeot-Citroen yang ingin melahirkan setidaknya 19 model baru sampai 2022 agar aliansi mereka bisa mulai mendapat margin sehat.

Seharusnya RCZ memang sudah mendapatkan versi “All-New”, mobil sport kupe ini pertama kali dijual pada 2009. Terakhir RCZ mendapat “facelift” pada 2012. Entah kapan jadwal Peugeot memutuskan tak lagi memproduksi RCZ, perkiraan satu atau dua tahun lagi.

Penerus

Meski RCZ tak punya penerus bukan berarti Peugeot tak akan punya model performa. Divisi Sport Peugeot diketahui tengah mengembangkan versi bertenaga hatchback 308 untuk bersaing dengan Volkswagen Golf R dan Ford Focus RS.

Nama model itu belum diketahui, tetapi rencananya bakal dijual di Eropa dan China pada tahun ini.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda