Ini Bahan Bakar yang Pas buat "Supercar"

Jumat, 1 Mei 2015 | 13:00 WIB
Febri Ardani Porsche 911 Targa 4 S

Jakarta, KompasOtomotif – Meski hampir dipastikan konsumen yang membeli mobil sekelas Porsche tidak akan pilah-pilih soal bahan bakar, namun kemungkinan konsumen mengisi bahan bakar ”standar” tetap ada, dalam catatan menemui keadaan darurat. Soal ini, Porsche memberi patokan spesifikasi bahan bakar yang ”digariskan” produsen.

Menurut Lukas Lukasiewicz, After Sales Manager Porsche Indonesia, di sela acara Porsche Gives Life, di Porsche Center Jakarta, (30/4/2015), rekomendasi yang seharusnya diterapkan konsumen Porsche adalah menggunakan bahan bakar dengan angka RON 95 hingga 98.

”Tentu lebih tinggi angka RON-nya lebih baik. Bahkan di Jerman banyak yang menggunakan bahan bakar RON 100. Seperti Anda tahu, teknologi mesin Porsche sangat tinggi, bahkan standar emisi bisa mencapai EURO5 sampai EURO6. Performa maksimal akan semakin mudah didapat,” jelas Lukas.

Kendati demikian, Lukas mengatakan bahwa ada batas toleransi pemakaian bahan bakar yang diperbolehkan. Angka RON minimal untuk mobil Porsche dikatakan mentok di RON 90.

Artinya, bensin Pertalite yang akan diluncurkan Pertamina dalam waktu dekat masih bisa diminum mobil-mobil Porsche, jika dalam keadaan darurat.

”Masih bisa ditoleransi RON 90, namun dengan konsekuensi, performa akan berkurang sekitar 20 persen, dalam hal ini horse power,” tegas Lukas.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Aris F Harvenda