Aksi Awal Toyota Mirai di LA

Jumat, 21 November 2014 | 08:40 WIB
Leftlanenews Toyota Mirai di LA Auto Show 2014

Los Angeles, KompasOtomotif - Toyota Mirai sebagai versi produksi dari FCV Concept (Fuel Cell Vehicle), resmi meluncur secara perdana di Amerika Serikat, pada ajang Los Angeles Auto Show 2014. Ini adalah debut Mirai versi produksi di luar Jepang.

Seperti sudah sering disebutkan sebelumnya, Mirai dalam bahasa Jepang berarti future atau masa depan. Toyota menjanjikan bahwa teknologi bahan bakar hidrogen adalah poin terbesar dalam perkembangan industri otomotif dunia.

"Ini adalah mobil yang memungkinkan Anda miliki semuanya tanpa kompromi. Sebagai orang yang pernah menguji, saya bisa katakan mobil bahan bakar hidrogen ini sangat menyenangkan untuk dikendarai," tegas bos Toyota Akio Toyoda, seperti dikutip Leftlanenews, Jumat (21/11/2014).

Toyoda juga mengatakan, Mirai memiliki pusat gravitasi yang rendah dan punya pengendalian yang sangat dinamis. Tidak banyak perbedaan antara versi produksi dengan model konsep yang sempat dipamerkan di IIMS 2014 silam. Mirai hadir dengan kelir putih dan desain futiristik. Sedangkan model konsep hadir dengan kelir biru.

Sistem bertenaga hidrogen ini memiliki daya mencapai 153 tk, dan akselerasi 0-100 kpj tembus dalam waktu 9 detik. Toyota akan mulai menjual Mirai di AS pada pertengahan 2015 mendatang, dengan kuota awal 200 unit.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda