Kendaraan Menggeser Kebutuhan Pokok Warga Jatim

Rabu, 29 Oktober 2014 | 18:11 WIB
KompasOtomotif-Agung Kurniawan Suasana Pameran Otomotif Surabaya 2014.

Surabaya, KompasOtomotif - Pangan, sandang, dan papan merupakan tiga kebutuhan hidup pokok manusia. Tetapi, ketiganya bukan lagi menjadi pokok bagi sebagian besar warga Jawa Timur (Jatim), demikian komentar Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jatim di sela peresmian Pameran Otomotif Surabaya (POS), Rabu (29/10/2014).

Pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini menjelaskan, sekarang kebutuhan pokok warga Jatim sudah bergeser. Pangan, sebagai kebutuhan dasar manusia masih multak di posisi pertama. Kebutuhan pokok keduanya sekarang pada telepon selular, dilanjutkan dengan kendaraan bermotor.

"Sekarang orang itu setelah makan, carinya handphone, lalu kendaraan bermotor. Soal pakaian (sandang) dan papan itu baru dipikirkan kemudian," seloroh Gus Ipul.

Kebutuhan warga atas transportasi membuat pertumbuhan pasar otomotif di Jatim juga ikut meningkat setiap tahunnya. "Sekarang pembelian sepeda motor baru di Jatim sudah lebih 1 juta unit, padahal tiga tahun lalau masih di level 700.000-800.000 unit," jelas Gus Ipul.

Menanggapi diselenggarakannya POS 2014, Gus Ipul menilai kegiatan ini sebagai hal yang positif. Pameran ini, menurutnya, bisa dijadikan tempat untuk warga Jatim mengetahui perkembangan terbaru dari industri otomotif nasional.

"Jadi orang bisa memilih model (mobil) yang tepat kalau mau beli, sebagai pameran kelima kalinya ini bagus sekali," ujar Gus Ipul.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Donny Apriliananda