Begini Cara Mitsubishi Tingkatkan Kualitas Mekanik

Kamis, 9 Oktober 2014 | 17:19 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Mitsubishi senantiasa mengembangkan kualitas mekanik melalui KRTC.

Jakarta, KompasOtomotif – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) terus meningkatkan kualitas mekanik di berbagai dealer. Sejak 2004 silam, dibangun Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC) yang tersebar di tujuh kota, mewakili beberapa daerah di Indonesia. Tempat inilah yang menjadi ajang pelatihan bagi para mekanik Mitsubishi.

Tujuh KRTC itu terdapat di Bekasi, Kebumen, Mojokerto, Makasar, Banjarbaru, Medan, dan Palembang. Duljatmono, Operating General Manager MMC Marketing Division KTB, Kamis (9/10/2014), mengatakan bahwa KRTC dibangun untuk menjadi tempat pelatihan wajib para mekanik untuk menyesuaikan dengan teknologi baru dan meningkatkan skill.

”Kami mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja agar tetap kompeten dan berkualitas. Dari sekarang, kami merasa kekurangan tenaga mekanik. Bukan soal jumlah, namun mengejar keterampilan yang dibutuhkan agar sejajar dengan tingkat dunia,” urai Duljatmono, atau yang akrab disapa Momon di kantor KTB, Pulomas, Jakarta Timur.

SMK
Segaris dengan program peningkatan skill mekanik, KTB juga akan melibatkan siswa SMK terpilih untuk berlatih menjadi tenaga mekanik profesional di KRTC. Nantinya, 15 siswa terpillih dari SMK yang bekerjasama dengan KTB dalam Mitsubishi CSR Education Program akan dilatih pengetahuan dasar.

Ilmu yang akan ditularkan itu antara lain sistem mesin bensin atau diesel, sistem bahan bakar, kelistrikan, power train, sasis dan sebagainya. Untuk bekal mereka bekerja, diberikan pengetahuan Pre Delivery Inspection (PDI), free service, serta perawatan rutin kendaraan.

Selain sumber daya manusia, KTB juga meningkatkan kualitas sarana dan prasarana KRTC dengan mobil pelatihan  terbaru, yakni Mitsubishi Pajero Sport dan Mirage.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Aris F. Harvenda