Belajar Mengenal Alutsista TNI di IIMS

Minggu, 23 Agustus 2015 | 18:27 WIB
Aditya Maulana, KompasOtomotif Pengunjung IIMS 2015 Narsis di Alutsista milik TNI


Jakarta, KompasOtomotif — Kendaraan yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, hingga 30 Agustus mendatang cukup beragam. Menariknya, ada produk alat utama sistem senjata (alutsista) kebanggaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jadi perhatian pengunjung.

Karena bukan seperti kendaraan pada umumnya, alutsista yang dipamerkan di IIMS 2015 ini menjadi ajang narsis para pengunjung. Bahkan, TNI yang berjaga di lokasi itu memperbolehkan masyarakat yang datang untuk naik dan masuk ke dalamnya serta berfoto.

“Setiap hari selalu banyak yang datang. Mereka kebanyakan penasaran, karena kendaraan ini tidak umum ditemukan di jalanan biasa,” ungkap anggota TNI yang bertugas menjaga di booth alutsista, Agus Cahyono, saat berbincang dengan KompasOtomotif, Minggu (23/8/2015).

Agus bercerita, siapa saja pengunjung yang datang, boleh naik dan masuk ke dalam asalkan tidak merusak atau merubah instrumen atau memainkan senjata yang ada. Sebab, semua yang dipamerkan merupakan kendaraan militer asli milik TNI, bukan replika.

“Takutnya malah menjadi rusak kalau dimainkan, kalau untuk sekadar masuk dan duduk lalu berfoto tidak apa-apa. Selama ini belum ada yang merusak. Jika menurut kami itu membahayakan, langsung kami tegur,” bebernya.

Kegiatan ini sangat bagus karena bisa menjadi sarana edukasi, terutama bagi anak-anak. Setelah melihat wujud aslinya, mereka diharapkan jadi lebih tahu mengenai kendaraan milik TNI ini.

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian