Suzuki Boyong Calon Pesaing Jazz dan Yaris ke Indonesia

Minggu, 2 Agustus 2015 | 07:02 WIB
Agung Kurniawan Konsep mobil kompak terbaru Suzuki, disebut-sebut menantang dominasi Jazz di segman subkompak B.

Jakarta, KompasOtomotif - Suzuki siap memboyong model calon pesaing Honda Jazz dan Toyota Yars ke pameran otomotif nasional di Serpong, Tangerang, pertengahan Agustus mendatang. Konsep ini bernama iK-2 disiapkan sebagai calon model baru yang siap bersaing di segmen sub-kompak (hatchback) segmen B.

Kepastian ini disampaikan oleh Makmur, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada wartawan di Jakarta, Jumat (31/7/2015). "Untuk mobil konsep kami akan boyong iK-2," ucap Makmur singkat, tanpa elaborasi lanjutan.

KompasOtomotif sudah menyaksikan konsep ini langsung ketika pertama kali diperkenalkan di Geneva Motor Show, Maret lalu. Dimensinya relatif kompak, dengan panjang 4.023 mm, lebar 1.920 mm, tinggi 1.450 mm dan jarak sumbu roda 2.520 mm. Desain bodi iK-2 ini terlhat landai dengan banyak lekukan pada bodi.

Jika melihat dimensinya, iK-2 berpotensi kuat bersaing dengan pesaing lain di segmen hatchback. Selain Jazz dan Yaris, masih ada rival lain seperti Ford Fiesta, Mazda2, Kia Rio, atau Hyundai Grand Avega yang menantinya di pasar. Spekulasi mengatakan kalau konsep ini merupakan generasi penerus Swift yang sudah berusia cukup lanjut di pasar.

Ketika dipamerkan di Geneva Motor Show, di sebelah konsep ini terdapat informasi menarik lain, seputar jantung pacunya. Suzuki iK-2 dibekali mesin 1.0 liter, 3-slinder, turbo, dan injeksi langsung dengan penggerak roda depan.

Nah, jika bercermin pada jenis mesin yang dibekali, konsep terbaru Suzuki ini juga bisa masuk ke segmen mobil kota atau sub-kompak A, di mana Toyota Etios, Honda Brio, Nissan March, Mitsubishi Mirage, atau Kia Picanto bersaing.

Informasi terbarunya, Suzuki dilaporkan telah melakukan tes jalan iK-2 di India, Juni lalu. Kalau sudah sampai tes jalan, biasanya jadwal produksi massal sudah semakin dekat. Estimasinya, produk ini akan menjadi produk global Suzuki di pasarkan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Waktunya, paling cepat awal tahun depan.

Penulis :
Editor : Agung Kurniawan