“Crossover” Baru Hyundai Lahir di India

Selasa, 30 Juni 2015 | 13:12 WIB
Worldcarfans Hyundai Creta lahir di India.

Chennai, KompasOtomotif - Hyundai Motor India Ltd (HMIL) telah memperkenalkan model baru, crossover kompak bernama Creta, akhir pekan lalu. Model yang mengisi kelas di bawah Tucson ini akan diproduksi lokal di kawasan industri Chennai dan mulai dipasarkan domestik pada 21 Juli mendatang.

Dalam keterangan resminya, Managing Director & CEO HMIL BS Seo mengatakan, Creta adalah produk revolusioner dalam portfolio Hyundai. Kendati diproduksi di India, Creta berstatus model global. Creta di India hampir identik dengan Hyundai ix25 yang telah dipasarkan di China sejak tahun lalu.

Worldcarfans Tampilan belakang Hyundai Creta.


Desain Creta didasasari struktur bodi “sarang lebah” (Hive) yang menawarkan kemampuan tangguh didukung bobot enteng, Gril radiator hexagonal mencerminkan salah satu anggota keluarga Hyundai dan semakin terlihat modern sebab lampu depan terintegrasi daytime running lights.

Di India tersedia dua pilihan mesin diesel turbocharged, yaitu 1.4L dan 1.6L, serta satu pilihan mesin bensin 1.6L. Konsumen bisa memilih transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan yang tersedia di semua jenis mesin. Creta memiliki sistem gerak roda depan.

Segmen crossover kompak memang sedang naik daun di seluruh dunia. Hyundai Creta akan menjadi pesaing Honda HR-V, Nissan Juke, Ford EcoSport, dan Mazda CX-3.

India jadi negara pertama yang memasarkan Creta, setelah itu model yang sama dengan spesifikasi khusus Eropa akan diperkenalkan di Frankfurt Motor Show pada September 2015. Belum ada keterangan kapan Creta akan dijual di pasar lainnya.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian