Harapan Mobil Sport “Murah” Nissan Pudar

Selasa, 15 Juli 2014 | 19:15 WIB
Go Auto Nissan IDx Nismo (kiri) dan Nissan IDx Freeflow

Nashville, KompasOtomotif – Harapan Nissan memproduksi mobil sport gerak roda belakang, dengan harga lebih murah dari Toyota GT86/Subaru BRZ/Scion FR-S sekitar 30.000 dollar AS (Rp 351,8 juta), sulit jadi kenyataan.

Sebelumnya, pada Tokyo Motor Show 2013 lalu, Wakil Presiden Eksekutif Nissan Andy Palmer membuka informasi, pihaknya segera melahirkan versi produksi salah satu dari mobil konsep atraktif IDx Freestyle atau IDx Nismo, paling cepat 2016.

Keduanya diplot menjadi spesies baru mobil sport dengan mesin 4-silinder turbocharger. Sementara pilihan kapasitas isi silinder yang disiapkan 1.2L, 1.5L, dan versi Nismo 1.6L injeksi langsung.

Sampai di pertengahan 2014, keraguan diungkapkan Wakil Presiden Perencanaan Produk Nissan Amerika Pierre Loing yang mengatakan, hingga saat ini ide tersebut masih teka-teki, sebab menghasilkan spesifikasi demikan dirasa butuh modal besar, keluar jalur dari strategi global.

“Itu tidak mudah dilakukan, bila saja terjadi (mobil sport murah), apa lagi yang bisa dilakukan dengan platform itu? Sebab jika diproduksi 50.000 – 60.000 unit setahun, itu tidak layak,” kata Loing seperti diungkapkan Wards Auto, Senin (14/7/2014).  Diperdebatkan atau tidak, Loing mengatakan setidaknya IDx tidak datang pada 2016.

Menyimak strategi Subaru dan Toyota mengembangkan GT86 dan BRZ, kedua perusahaan bersaudara itu juga kesulitan menghasilkan bisnis bagus karena volume penjualan rendah.  

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda