Apakah kamu lulus SBMPTN?

Calon Mahasiswa, Pahami Betul Sistem SNMPTN

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon mahasiswa baru tahun ini diminta untuk memahami sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Pemahaman terhadap sistem dan kuota yang mengalami perubahan dalam penyelenggaraan tahun ini diharap bisa membantu para siswa untuk mempersiapkan diri dengan baik.

"Sistem SNMPTN 2013 berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga perlu dipelajari secara cermat oleh para calon mahasiswa," kata Ketua Forum Komunikasi Sekolah dan Alumni SMA Negeri 8 Jakarta, Hasahatan Manulang, pada diskusi "Jalan Menuju PTN 2013:Begin Your Succes Today", di Jakarta, Senin (5/2/2013).

Dalam diskusi yang diikuti oleh para siswa kelas XII SMA, orang tua, serta pembicara dari sejumlah PTN seperti Universitas Indonesia, Universitas Pajajaran, Universitas Gajahmada, Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya, serta Universitas Brawijaya ini, dia mengatakan, pemahaman sistem dan kesesuaian pemilihan program studi dengan kemampuan dan minat akan menjadi kunci sukses melangkah ke PTN yang diharapkan.

Kesesuaian pemilihan program studi dengan kemampuan dan minat, menurut dia, dengan cara mencermati kapasitas jurusan di suatu PTN yang akan dipilih, tingkat persaingan, serta kemampuan calon yang ditunjukkan pada nilai raport.

Alumni SMA Negeri 8 Jakarta, menurut Hasatan, memiliki tanggungjawab moral untuk memberikan bantuan pemahaman kepada peserta didik bagaimana kiat memilih dan bisa lulus SNMPTN.

"Kami menghadirkan langsung para pimpinan PTN yang bertanggungjawab dalam proses seleksi, sehingga peserta didik bisa berinteraksi langsung," katanya.

Kepala SMA Negeri 8 Jakarta, Hajjah Nahdiana mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan para alumni sangat membantu peserta didik yang akan mengikuti SNMPTN 2013. Menurutnya, sistem dan kiat-kiat memilih jurusn di PTN harus dipahami para siswa kelas XII secara detil agar mereka cermat menentukan pilihan PTN dan program studinya.

Sementara itu, pada website dikti.go.id, tercatat ada sebanyak 92 PTN meliputi, universitas, institut, dan politeknik.