Pembukaan Asian Para Games, Jokowi Memanah Bareng Penyandang Disabilitas Cilik

By Fabian Januarius Kuwado - Sabtu, 6 Oktober 2018 | 22:38 WIB
Logo Asian Para Games 2018.
Logo Asian Para Games 2018. (DOK. INAPGOC)

JAKARTA, KOMPAS.com — Sama seperti pesta pembukaan Asian Games 2018, Presiden Joko Widodo juga memberikan kejutan pada pesta pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Jokowi memanah bersama anak perempuan penyandang disabilitas.

Kejutan berawal dari penayangan video salah seorang anak perempuan penyandang disabilitas asal Pekanbaru, Riau, bernama Bulan Karunia Rudianti yang menyatakan keinginannya bertemu Presiden Jokowi.

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Joko Widodo memanah di upacara pembukaan Asian Para Games 2018 - (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Di penghujung video, Bulan tampak duduk di kursi roda didampingi sang ayah memasuki GBK.

Sontak, lampu menyorot bagian tengah stadion di mana Bulan rupanya sudah berada di sana. Ia melambaikan tangan kepada para tamu dan undangan, termasuk kepada Presiden Jokowi yang diduk di kursi VVIP bersama Ibu Negara Iriana.

Baca juga: Buka Asian Para Games 2018, Jokowi Gunakan Bahasa Isyarat

Jokowi yang membalas lambaian tangan Bulan kemudian turun dari ruangan VVIP dan berjalan menuju tengah stadion. Tepuk tangan dan sorak sorai mengiringi aksi Jokowi itu.

Jokowi merangkul Bulan dan berbincang. Bulan kemudian menyerahkan kotak berwarna emas berisi peta Indonesia kepada Jokowi. Ia sempat menunjukkan kotak itu kepada para tamu dan undangan.

Beberapa saat kemudian, Presiden melepas jasnya. Ia memasang kantung berisi anak panah di pinggangnya, lalu mengambil busur. Bulan dan salah seorang atlet panahan penyandang disabilitas pun melakukan hal yang sama.

Ketiganya lalu membidik masing-masing huruf “D”, “I” dan “S” yang awalnya membentuk kata “Disability” sehingga menjadi “Ability”.

Tepuk tangan dan sorak sorai membahana di area stadion.

Setelah itu, Presiden Jokowi tanpa mengenakan jasnya lagi langsung kembali ke kursinya dengan masih diiringi tepuk tangan dari tamu dan undangan.

Editor : Sabrina Asril

Close Ads X