Kampung Tomang Menang Lomba Kampung Branding Asian Para Games di Jakbar

By Rima Wahyuningrum - Selasa, 2 Oktober 2018 | 07:55 WIB
Kampung Tomang, RW 02, Jalan Gelong Baru Timur, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat memenangkan perlombaan Kampung Banding dalam rangka menyemarakkan Asian Para Games 2018.
Kampung Tomang, RW 02, Jalan Gelong Baru Timur, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat memenangkan perlombaan Kampung Banding dalam rangka menyemarakkan Asian Para Games 2018. (RIMA WAHYUNINGRUM)

JAKARTA, KOMPAS.com - Wilayah RW 02, Kampung Tomang, Jalan Gelong Baru Timur, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat memenangkan perlombaan Kampung Branding yang diadakan Inapgoc dalam rangka menyambut Asian Para Games 2018. Mereka mengalahkan sejumlah RW di Jakarta Barat yang telah berpartisipasi.

Senin (1/10/2018) pagi kemarin, wilayah Kampung Timang seluas 1.200 m2 tersebut dihiasi bendera-bendera negara peserta Asian Para Games, lukisan cabang olahraga, dan maskot Asian Para Games 2018 yakni burung elang bernama Momo. Ada pula lukisan tiga dimensi berbentuk jembatan kayu yang berada di pintu masuk kantor sekretariat RW 02.

Lukisan memenuhi jalan yang di RT 001-011. Bendera puluhan negara peserta, umbul-umbul bernuansa merah-putih juga menghiasi langit-langit area tersebut.

Baca juga: 1.272 Atlet Asian Para Games Tiba di Jakarta

Lukisan logo-logo cabang olahraga dan Asian Para Games 2018, maskot Momo, serta hiasan lainnya dikerjakan dua orang kreator yaitu El Bayu dan M Ikhsan, dari pemuda bayangkara setempat. Sementara pengecatan dan penghiasan dilakukan warga dan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU).

"Saya juga enggak ngerti (bisa menang). Pak Lurah ngirim WA bilang kalau RW 02 juara se-Jakarta Barat, kaget juga. Jadinya kerja kami siang-malam ada hasilnya, walaupun capek dan sampai (kulit) gosong hitam," kata Ketua RW 02 Ferdy Nuhdjaya di lokasi, Senin.

Inapgoc memberi waktu pengerjaan kepada warga mulai 20-29 September 2018 untuk mempercantik wilayah yang ditunjuk kelurahan. Ferdy mengatakan warga setempat melakukan pengumpulan dana bersama guna mendapatkan bahan-bahan baku untuk mewarnai kampung.

Mereka mengumpulkan uang sekitar Rp 20 juta untuk membeli umbul-umbul, spanduk, cat, bendera negara peserta Asian Para Games 2018 dan biaya pekerja.

"Kami happy-happy aja yang penting Indonesia menang, jangan omongin biaya," kata dia.

Setelah kemenangan tersebut, Kampung Tomang mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 10 juta dan akan dijadikan titik kirab obor Asian Para Games 2018 yang dilaksanakan pada Selasa ini pukul 15.00 WIB. Akan ada 20 pelari yang membawa obor secara bergantian dan dibuat panggung hiburan di sana.

Kampung Tomang, RW 02, Jalan Gelong Baru Timur, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat memenangkan perlombaan Kampung Banding dalam rangka menyemarakkan Asian Para Games 2018.
Kampung Tomang, RW 02, Jalan Gelong Baru Timur, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat memenangkan perlombaan Kampung Banding dalam rangka menyemarakkan Asian Para Games 2018. (RIMA WAHYUNINGRUM)
"Kami udah siap untuk besok. Panggung, tenda, soundsystem kami siap. Anak-anak sekolah pilihan dari kelurahan juga udah siap," kata Ferdy.

Baca juga: Ada Kirab Obor Asian Para Games, Jalan Tomang Raya Ditutup Selasa Sore

Terkait kirab obor, akan ada penutupan jalan sesuai dengan rute perlintasan. Kirab akan melewat Jalan Tomang Raya (sisi JNE), belok kiri kearah jalan Mandala Raya, dan berakhir di simpang Jalan Mandala Raya - Jalan Gelong Baru Timur (depan kampus IBEK).

Selain Kampung Tomang di Jakarta Barat, empat wilayah lainnya yang memenangkan juara Kampung Branding yaitu Pademangan Barat (Jakarta Utara), Utan Panjang (Jakarta Pusat), Kelurahan Pulo (Jakarta Selatan), dan Pinang Ranti (Jakarta Timur).

Editor : Egidius Patnistik
Artikel Terkait


Close Ads X