Surya Paloh Akan Mundur dari Ketum jika Nasdem Tak Raih Tiga Besar

By Dylan Aprialdo Rachman - Kamis, 27 September 2018 | 15:44 WIB
Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh berpidato dalam pembekalan caleg Nasdem di Claro Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/9/2018)
Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh berpidato dalam pembekalan caleg Nasdem di Claro Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/9/2018) (Dokumentasi Nasdem)

MAKASSAR, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akan merasa malu apabila partainya tak berhasil masuk tiga besar dan meraih lebih dari 100 kursi di DPR dalam Pemilu 2019.

Sebab, jika tak tercapai, Paloh merasa dirinya gagal sebagai pemimpin partai.

"Konsekuensinya, ketua umumnya saat ini pasti mengundurkan diri karena dia malu. Dan saya tahu diri. Saya malu kalau tidak mempunyai kemampuan membawa partai ini menjadi partai besar," kata Paloh dalam pembekalan caleg Nasdem di Claro Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/9/2018) sore.

Baca juga: Surya Paloh Minta Seluruh Caleg Nasdem Menangkan Jokowi-Maruf Amin

Paloh menekankan, seluruh caleg Nasdem untuk meninggalkan capaian lama 36 kursi di DPR pada Pemilu 2014 lalu.

Ia meminta para kadernya untuk memperjuangkan capaian yang lebih tinggi.

"Kalau tetap terjadi 36 kursi kita sudah tidak pantas lagi bersama-sama meneruskan kehidupan partai ini. Dan saya berharap kepada kalian lah sebagai kader," ujar dia.

Baca juga: Survei LSI: 6 Parpol Tak Lolos ke DPR, 5 Parpol Terancam

Ia juga meminta seluruh kader Nasdem untuk tak perlu terpaku pada survei-survei yang menunjukkan Nasdem kesulitan untuk lolos ambang batas parlemen.

"Kalau ada lembaga survei yang menyatakan itu partai pengkhayal, maka kita harus senyum dan enggak boleh marah. Manggut-manggut kepala saja dan senyum supaya energi kita tetap terjaga," ujar dia.

Oleh karena itu, Paloh menekankan pentingnya strategi, konsistensi, kerja keras dan soliditas bersama agar target tersebut tercapai.

"Dengan kemampuan strategi yang kita miliki, dengan kerja keras yang kita lakukan, dan soliditas yang kita miliki, kita berhasil insya Allah mencapai 100 kursi lebih," kata dia.

Editor : Sandro Gatra
Artikel Terkait


Close Ads X