Keluarga Gus Dur Dukung Jokowi-Ma'ruf, PKB Sebut Kemenangan di Depan Mata

By Devina Halim - Rabu, 26 September 2018 | 17:12 WIB
Dua pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menghadiri deklarasi kampanye damai di Lapangan Silang Monas,
Dua pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menghadiri deklarasi kampanye damai di Lapangan Silang Monas, (KOMPAS.com/ABBA GABRILIN)

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Sekretaris Jenderal PKB Jazilul Fawaid mengaku optimistis terhadap kemenangan pasangan calon Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019, dengan dukungan keluarga Presiden keempat RI almarhum Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Sikap politik keluarga Gus Dur untuk mendukung pasangan Jokowi-Amin disampaikan putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid.

"Saya yakin kalau keluarga besar Nahdlatul Ulama bersatu untuk bersama-sama memenangkan Kiai Ma'ruf, saya yakin kemenangan ada di depan mata," ujarnya di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2018).

Baca juga: Keluarga Gus Dur Dukung Jokowi-Maruf Amin

Menurut Jazilul, jumlah pengikut NU cukup banyak sehingga dapat menyumbangkan suara untuk memenangkan pasangan tersebut.

"Karena memang secara kuantitatif warga NU atau yang terasosiasi dengan NU sangat besar," tuturnya.

Namun, ia belum mau banyak berkomentar terkait kembalinya Yenny sebagai kader PKB. Ia hanya mengatakan bahwa partainya terbuka bagi siapapun yang ingin masuk.

"Nanti kita akan bahas lebih lanjutlah. Yang jelas bahwa PKB sebagai partai yang dilahirkan NU terbuka untuk siapapun," ujarnya.

Baca juga: Zulkifli Hormati Keputusan Keluarga Gus Dur Dukung Jokowi-Maruf Amin

Sebelumnya, Yenny telah membacakan deklarasi dukungan keluarga Gus Dur untuk mendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Deklarasi dukungan dibacakan oleh Yenny di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Jalan Kalibata Timur I no. 12, Kalibata, Jakarta Selatan.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirohim, dengan ini kami menyatakan mendukung pasangan nomor 01. Bismilah Presiden Jokowi akan kembali memimpin Indonesia," ujar Yenny, Rabu (26/9/2018) sore.

Baca juga: Sekjen PDI-P Sebut Dukungan Keluarga Gus Dur Akan Perkuat Arus Kemenangan Jokowi-Ma’aruf Amin

Yenny memastikan bahwa dukungan tersebut merupakan sikap politik dari keluarga Gus Dur.

"Keluarga Gus Dur saya wakili sikap politiknya. Sikap politik sudah diamanatkam kepada saya," tuturnya.

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa ibunya, Sinta Nuriyah Wahid akan bersikap netral pada Pilpres 2019.

Editor : Sandro Gatra

Close Ads X