Minggu Pagi, Dua Capres-Cawapres Deklarasi Kampanye Damai di Monas

By Yoga Sukmana - Minggu, 23 September 2018 | 05:09 WIB
Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Maruf Amin saat acara pengambilan nomor urut di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat (21/9/2018).
Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Maruf Amin saat acara pengambilan nomor urut di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat (21/9/2018). (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar acara deklarasi kampanye damai dalam rangka Pemilu 2019 pada Minggu (23/9/2018) yang dimulai pukul 06.00 WIB.

Menurut Komisioner KPU Wahyu Setiawan, acara deklarasi kampanye damai akan terpusat di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Seluruh peserta pemilu termasuk capres-cawapres akan hadir.

"Seluruh peserta pemilu yang terdiri dari pasangan calon presiden dan cawapres juga parpol peserta pemilu tingkat nasional caleg akan melalukan kampanye damai," ujar Wahyu, Sabtu (22/9/2018).

Baca juga: Sandiaga Imbau Pendukung Kampanye Sejuk dan Mencerdaskan

Pada substansinya, deklarasi itu mengajak seluruh pihak untuk menciptakan kampanye pemilu 2019 yang penuh kedamaian dan mengedukasi.

Selain itu, kata Wahyu, deklarasi tersebut juga diharapkan meneguhkan komitmen terhadap dasar negara yakni Pancasila dan UUD 1945.

Berdasarkan susunan acara yang diterima Kompas.com, deklarasi kampanye damai pemilu 2019 akan dimulai dengan karnaval pada pukul 06.00 WIB - 07.35 WIB.

Setelah itu penyelenggara dan peserta pemilu akan berkumpul di Lapangan Silang Monas untuk masuk ke acara utama mulai pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Ini Rekayasa Lalu Lintas Saat Deklarasi Kampanye Damai Pemilu dan Parade Momo Asian Para Games

Pada acara utama ini, Ketua KPU Arief Budiman akan menyampaikan orasi. Setelah itu, disusul dengan pembacaan ikrar dan penandatanganan deklarasi kampanye damai.

Acara ini melibatkan calon anggota DPD, Ketum Parpol, hingga pasangan capres dan cawapres.

Sebagai penutup, para peserta pemilu secara simbolis akan melepaskan burung merpati. Setelah itu dilanjutkan dengan foto sambil bergandengan tangan.

Acara dijadwalkan selesai pada pukul 10.00 WIB.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Menuju Istana 2019

Kompas TV Jumat malam, kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden mengikuti prosesi pengundian nomor urut.



Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Artikel Terkait


Close Ads X