Media Asing Puji Kesuksesan Indonesia Gelar Asian Games

By - Selasa, 4 September 2018 | 13:54 WIB
Defile atlet tiap negara menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/9/2018).
Defile atlet tiap negara menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/9/2018). (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang yang baru saja usai dinilai sukses besar.

Penilaian itu tak hanya datang dari dalam negeri tetapi juga ditulis berbagai media di sejumlah negara sahabat.

Dalam upacara penutupan Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah memberikan selamat kepada Indonesia karena sukses menggelar acara empat tahunan ini.

Baca juga: Atlet Asian Games 2018 yang Tak Raih Medali Dapat Rp 20 Juta

"Anda berhasil menyelenggarakannya. Anda membuat mimpi Asia, energi Asia menjadi kenyataan," kata Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, di hadapan massa yang memenuhi Gelora Bung Karno.

"Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, energi Asia, merupakan sukses bersejarah," tambahnya.

Beberapa media asing pun menurunkan laporannya terkait penutupan Asian Games dan pelaksanaan ajang olahraga ini secara keseluruhan.

Salah satu berita yang ramai dibagikan warganet berasal dari harian yang berbasis di Hongkong South China Morning Post.

Harian itumenyebut Indonesia menyelenggarakan pertunjukan kelas dunia dalam artikel berjudul "Indonesia Menyelenggarakan Asian Games Terbaik".

"Ya, memang ada beberapa masalah logistik dan komunikasi, tapi (masalah) ini juga akan Anda temukan di Olimpiade atau ajang olahraga besar lainnya," demikian SCMP.

"Asian Games telah menjadi ajang olahraga terbesar kedua di dunia. Terlepas dari kekhawatiran soal polusi, kemacetan, dan bahwa Indonesia hanya memiliki tiga tahun persiapan, dua kota, Jakarta dan Palembang, boleh bangga akan pencapaian mereka," masih ulasan SCMP.

Sementara harian terbitan Singapura The Straits Times memberi judul singkat "Terima Kasih Indonesia" dalam laporannya soal penutupan Asian Games.

"Sama dengan atlet, (Asian) Games butuh waktu untuk melakukan pemanasan, tapi ada beberapa hal yang tak terlupakan. Suara-suara di Istora saat (pertandingan) bulu tangk,is, senyum para relawan, keramahan penduduk setempat dan keanggunan perenang Rikiko Ikee (peraih penghargaan MVP Asian Games)," tulis The Straits Times.

Pujian untuk Indonesia juga disuarakan stasiun televisi Channel News Asia.

"Indonesia telah membantah keraguan dengan menyelenggarakan Asian Games yang lancar, dan dengan 17.000 atlet serta official, ini adalah ajang olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade."

Sementara itu, situs berita The New Indian Express menurunkan laporan yang menyatakan dunia terkejut dengan Asian Games uangn kku

"Indonesia mengagetkan banyak pihak yang meremehkan dengan menyelenggarakan Asian Games yang spektakuler."

Situs berita India lainnya, Indian Express menulis artikel berjudul "Magna Jakarta" yang menyimpulkan bahwa "Indonesia, sebagai tuan rumah pengganti setelah Vietnam mundur, menyajikan Asian Games yang layak dikenang, atau bahkan malah sempurna."

Baca juga: Ini yang Bikin Bonus Atlet Peraih Medali Asian Games Bisa Cepat Cair

Presiden Jokowi kemudian menyatakan, Indonesia ingin menyelenggarakan Olimpiade dan Olimpiade Paralimpik pada 2032.

Pernyataan ini muncul setelah pertemuannya dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach pada Sabtu (1/9).

"Setelah pengalaman Asian Games yang luar biasa, kini kami yakin bahwa kami bisa menyelenggarakan acara olahraga yang terbesar," kata Jokowi.

Editor : Ervan Hardoko
Sumber : BBC Indonesia
Artikel Terkait


Close Ads X