Asian Games 2018 Jadi Bukti Indonesia Siap Gelar Olimpiade

By M. Hafidz Imaduddin - Selasa, 4 September 2018 | 05:05 WIB
Suasana pada acara Upacara Penutupan Asian Games 2018 di SUGBK, Minggu (2/9/2018).
Suasana pada acara Upacara Penutupan Asian Games 2018 di SUGBK, Minggu (2/9/2018). (BOLASPORT.com/Olla)

KOMPAS.com — Nazvi Careem, wartawan media Hong Kong, South China Morning Post, membuat sebuah artikel yang berisi bagaimana kesuksesan Indonesia menyelenggarakan Asian Games 2018.

Salah satu kalimat yang menarik dari tulisan Nazvi Careem adalah Tokyo dan Hangzhou dalam empat tahun mendatang harus bekerja keras menghimpun imajinasi dan kreativitas kelas dunia jika ingin mengalahkan Jakarta 2018.

Kalimat tersebut mengacu kepada bagaimana kemegahan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Baca juga: Raih Medali Asian Games 2018, Marcus Gideon dkk Dapat Bonus Ratusan Juta Rupiah dari PB Jaya Raya

Nazvi menyebut, upacara pembukaan Asian Games 2018 secara tidak langsung memengaruhi penampilan para atlet yang bertanding. Melalui upacara pembukaan itu, para atlet merasa bahwa dirinya sedang bertanding di sebuah panggung bergengsi dan spesial.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 memang menjadi sorotan dunia. Dimulai dari aksi Presiden Joko Widodo, tari ratoeh jaroe, panggung terbesar, hingga pesta kembang api, sukses menyihir siapa pun yang melihatnya.

Nazvi kemudian menilai bahwa upacara pembukaan Asian Games 2018 telah menetapkan standar bagaimana seharusnya upacara turnamen olahraga harus digelar.

Sementara itu, upacara penutupan juga tak kalah menarik perhatian. Meski tidak semegah upacara pembukaan, upacara penutupan kali ini dinilai sangat pas dan tidak berlebihan untuk mengakhiri kesuksesan Asian Games 2018 selama dua minggu.

Kemudian yang menjadi sorotan adalah bagaimana peran penting 30.000 sukarelawan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Kerja keras para sukarelawan, seperti melayani para tamu dan atlet, menjawab pertanyaan, memberikan petunjuk arah, hingga mengoordinasikan bus dengan rapi dilakukan.

Nazvi menyebut relawan di Indonesia adalah yang terbaik dalam suatu penyelenggaraan olahraga besar sekelas Asian Games 2018.

Baca juga: Asian Games 2018 Selesai, 4 Event Besar Segera Digelar di Indonesia Tahun Ini

Pujian pun mengalir dari para atlet dunia seperti Sun Yang, Jordan Clarkson, Son Heung-min, Su Bingtian, dan banyak lagi. Begitulah perhatian dan peduli tentang Asian Games kali ini.

Pada akhir artikelnya, Nazvi menyebut Indonesia sangat layak menjadi kandidat penyelenggara pesta olahraga terbesar sejagat, Olimpiade.

Indonesia memang ada niat untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach juga menilai Asian Games 2018 bisa menjadi tolok ukur kesiapan Indonesia. 

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : South China Morning Post
Artikel Terkait


Close Ads X