Tuan Rumah Asian Para Games 2018, Indonesia Utamakan Keamanan dan Kenyamanan

By Fabian Januarius Kuwado - Senin, 3 September 2018 | 22:28 WIB
Bendera Merah Putih berkibar di Lapangan Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Jumat (17/8/2018). Lapangan Distrik Anggi berada di ketinggian sekitar 1.750 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Bendera Merah Putih berkibar di Lapangan Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Jumat (17/8/2018). Lapangan Distrik Anggi berada di ketinggian sekitar 1.750 meter di atas permukaan laut (mdpl). (KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO)

JAKARTA, KOMPAS.com - Polri akan menerjunkan 8.750 personel yang akan mengamankan sejumlah titik pada penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung Oktober mendatang.

Penjagaan akan dilakukan mulai dari hotel tempat para atlet dan official menginap, venue dan area sekitarnya.

"Untuk keamanan, dilibatkan 8.750 personel di sejumlah titik yang sudah ditentukan," ujar Asisten Operasional Kapolri Irjen (Pol) Deden Juhara, di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jakarta Pusat, Senin (3/9/2018).

Para personel Polri yang bertugas juga telah diberikan training tata krama menangani penyandang disabilitas agar dapat melayani para tamu dengan baik.

Baca juga: Asian Games Selesai, Pemerintah Kebut Persiapkan Asian Para Games 2018

Menko PMK Puan Maharani mengatakan, selain keamanan, Pemerintah Indonesia juga mempersiapkan kenyamanan bagi para tamu, terutama para atlet.

Sebab, atlet Asian Para Games adalah penyandang disabilitas sehingga memerlukan fasilitas khusus dalam setiap kegiatan mulai di venue hingga tempat tinggal dan selama perjalanan.

"Untuk venue, mulai tadi malam, semuanya sudah mulai kami lengkapi atau sesuaikan dengan Asian Para Games. Jadi, venue pada 18 cabor yang akan ikut serta akan kita sesuaikan dengan kebutuhan dengan para atlet disabilitas," ujar Puan.

Sementara, untuk tempat tinggal atlet, pemerintah juga telah mempersiapkan 2.500 kamar di Wisma Atlet Kemayoran.

Lokasi penampungan atlet ini juga telah didesain dengan berbagai fasilitas yang ramah disabilitas dengan bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca juga: Asian Para Games 2018, Indonesia Targetkan Samai Prestasi Asian Games

"Ada ramp-nya, kamar mandi disesuaikan, bahkan ada elevator untuk mereka," lanjut Puan.

Asian Para Games 2018 yang dihelat pada 6-13 Oktober itu akan menyelenggarakan 18 cabang olahraga.

Cabang olahraga itu antara lain, panahan, lari, bulutangkis, bola gawang, catur, bersepeda, judo, menembak, renang, tenis meja, anggar, bola voli, dan bola basket.

Asian Para Games 2018 akan diikuti oleh 41 negara National Para Olimpic dengan total jumlah atlet sebanyak 2.800 orang, 1.800 orang official, dan diliput oleh 500 media baik dalam maupun luar negeri.

Kompas TV Unggulan kedua tunggal putra, Oddie Kurnia Dwi harus tumbang ditangan pebulutangkis asal Jawa Barat Hafiz Briliansyah.



Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Artikel Terkait


Close Ads X