Asian Para Games 2018, Indonesia Targetkan Samai Prestasi Asian Games

By Fabian Januarius Kuwado - Senin, 3 September 2018 | 19:14 WIB
Pasangan pesilat Indonesia Yola Primadona Jampil (kiri) dan Hendy (kiri) membentangkan bendera merah putih saat merayakan kemenangan usai meraih medali emas nomor ganda putra pencak silat seni Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (27/8/2018).
Pasangan pesilat Indonesia Yola Primadona Jampil (kiri) dan Hendy (kiri) membentangkan bendera merah putih saat merayakan kemenangan usai meraih medali emas nomor ganda putra pencak silat seni Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (27/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/MELVINAS PRIANANDA)

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mematok target tinggi kepada atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung pada 6-13 Oktober 2018.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto mengatakan, pada perhelatan Asian Para Games empat tahun lalu di Malaysia, Indonesia berada pada posisi 9.

"Karena Alhamdulilah kita menjadi juara umum di Asian Para Games di Malaysia, lalu Bapak Presiden mengatakan agar ada peningkatan peringkat. Target Presiden, kalau bisa di 7," ujar Gatot saat dijumpai di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2018).

Kemenpora optimistis target itu tercapai, bahkan terlampaui, dengan menempati posisi 5.

"Malah kami enggak kalah dengan Asian Games. Kalau bisa naik lagi. Jadi, prinsipnya adalah, pokoknya jangan sampai kalah dengan prestasi Asian Games," lanjut dia.

Optimisme itu didasari oleh pemetaan kekuatan atlet Indonesia yang berlaga di Asian Para Games.

"Kalau di Asian Games 2018 kan ada cabor yang menjadi unggulan. Di Asian Para Games juga ada skenarionya. Tapi kami belum dapat ungkap secara umum karena itu bagian dari sport intelijen, strategi kami," ujar Gatot.

Asian Para Games 2018 akan mempertandingkan 18 cabang olahraga antara lain, panahan, lari, bulutangkis, bola gawang, catur, bersepeda, judo, menembak, renang, tenis meja, anggar, bola voli, dan bola basket.

Asian Para Games 2018 akan diikuti oleh 41 negara National Para Olimpic dengan total jumlah atlet sebanyak 2.800 orang, 1.800 orang official, dan diliput oleh 500 media baik dalam maupun luar negeri.

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Artikel Terkait


Close Ads X