Bisikan Hanifan, Peraih Emas Asian Games, Saat Peluk Jokowi dan Prabowo

By Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani - Senin, 3 September 2018 | 14:17 WIB
Peraih emas kategori tanding putra kelas C Hanifan Yudani Kusumah ajak Joko Widodo dan Prabowo Subianto berpelukan bersama, Rabu (29/8/2018).
Peraih emas kategori tanding putra kelas C Hanifan Yudani Kusumah ajak Joko Widodo dan Prabowo Subianto berpelukan bersama, Rabu (29/8/2018). ((KOMPAS/KURNIA YUNITA RAHAYU))

BANDUNG, KOMPAS.com — Aksi pesilat asal Jawa Barat, Hanifan Yudani Kusuma yang memeluk Joko Widodo dan Prabowo Subianto, mendapat apresiasi besar dari masyarakat.

Pelukan itu menyiratkan kesejukan di tengah panasnya suhu politik menjelang Pilpres 2019.

Pada momen itu, Hanif mengaku sempat membisikkan sebuah kalimat kepada keduanya.

"Saya hanya bilang Indonesia itu satu pak, berarti tidak ada duanya, Indonesia harus bersatu dan cinta damai. Mereka ucapin sama, terima kasih sudah berjuang untuk Indonesia," ujar Hanif saat ditemui di Gor Padjadjaran, Bandung, Senin (3/9/2018).

Baca juga: Tiba di Bandung, Pesilat Hanifan YK Disambut Pengurus IPSI Jabar

Ia mengaku spontan melakukan hal tersebut. Pelukan itu dilakukan sebagai ucapan terima kasihnya kepada pemerintah dan Prabowo selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat).

"Yang pastinya saya spontan dan saya bangga bisa dilihat sama Pak Presiden Jokowi dan Pak Prabowo sebagai bapak insan pencak silat," ucapnya.

Hanif mengatakan, kehadiran Jokowi dan Prabowo sangat krusial dalam momentum kemenangannya. Apalagi, saat itu Hanif tertinggal angka dari lawannya, Nguyen Thai Linh, pesilat asal Vietnam.

Kedatangan Jokowi dan Prabowo di akhir pertandingan membuat semangatnya terlecut. Ia pun sukses meraih emas ke-29 untuk Indonesia. 

Baca juga: Hanifan: Saya Ingin Menang Saat Lihat Jokowi dan Prabowo

"Sebuah motivasinya ketika 30 detik terakhir saya kalah poin dan dikurangi 6 poin. Ketika beliau (Jokowi dan Prabowo) datang, saya termotivasi untuk membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing dengan negara lain," tuturnya.

"Alhamdulillah saya dikasih rezeki oleh Allah untuk juara di Asian Games dan bisa membanggakan rakyat Indonesia," ujarnya. 

Editor : Reni Susanti
Artikel Terkait


Close Ads X