Tunggu Upacara Medali, Tim Karate Jepang Bantu Rapikan Matras Latihan

By M. Hafidz Imaduddin - Selasa, 28 Agustus 2018 | 19:29 WIB
Tim Karate Jepang ikut membantu panitia Asian Games 2018 membersihkan matras latihan di Venue Karate Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (27/8/2018)
Tim Karate Jepang ikut membantu panitia Asian Games 2018 membersihkan matras latihan di Venue Karate Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (27/8/2018) (DOK. RICKY MUCHTAR)

KOMPAS.com - Tim karate Jepang menunjukkan pemandangan yang tidak biasa saat ikut membantu panitia Asian Games 2018 membersihkan matras latihan di venue karate Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Kejadian ini terjadi pada hari kesembilan Asian Games 2018, Senin (27/8/2018). Hal ini dilakukan tim karate Jepang saat menunggu upacara pengalungan medali Miho Miyahara yang meraih medali perunggu nomor putri - 50 kg.

Humas Federasi Karate-Do Indonesia (Forki) DKI Jakarta, Ricky Muchtar, yang berada di lokasi saat itu menyebut para atlet Jepang melakukan hal itu atas inisiatif sendiri.

"Mereka inisiatif sendiri. Jadi, saat itu venue harus dibersihkan karena akan dipakai cabor judo. Saat panitia membersihkan matras, para atlet Jepang yang melihat tiba-tiba ikut membantu membersihkan," kata Ricky kepada Kompas.com, Selasa (28/8/2018).

Baca juga: Sepak Bola Asian Games 2018, Korsel dan Jepang Lolos ke Semifinal

Ricky kemudian menjelaskan bahwa atlet Jepang sudah terbiasa melakukan ini di negara asalnya.

"Saya pernah ke Jepang melihat latihan mereka. Bersih-bersih matras sudah biasa mereka lakukan setelah latihan di sana," kata Ricky.

Beberapa atlet karate Jepang yang terlihat ikut membantu merapikan matras tersebut adalah Kiyou Shimizu (emas nomor kata/jurus putri), Ryo Kyuna (emas nomor kata/jurus putra), dan Someya Kayo (perunggu nomor putri 68 kg). 

Pada Asian Games 2018 ini, Jepang mendapatkan total enam medali dengan rincian empat emas dan dua perunggu dari cabang karate.

Hingga hari ke-10, Jepang masih bertengger di peringkat kedua klasemen perolehan medali dengan total raihan 141 (43 emas, 38 perak, 60 perunggu).

Editor : Eris Eka Jaya
Artikel Terkait


Close Ads X