Atlet Asian Games Bikin Batik Motif Ondel-ondel di Setu Babakan

By Nursita Sari - Minggu, 26 Agustus 2018 | 14:58 WIB
Atlet bridge asal India, Marianne Karmarkar, menunjukkan batik motif ondel-ondel hasil karyanya saat berkunjung ke PBB Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (26/8/2018).
Atlet bridge asal India, Marianne Karmarkar, menunjukkan batik motif ondel-ondel hasil karyanya saat berkunjung ke PBB Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (26/8/2018). (KOMPAS.com/NURSITA SARI)

JAKARTA, KOMPAS.com - Atlet-atlet Asian Games 2018 belajar membatik saat berkunjung ke Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (26/8/2018).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, mereka membatik di tenda-tenda yang telah disiapkan UPK PBB Setu Babakan.

Para atlet itu menggoreskan canting berisi lilin yang telah dipanaskan ke kain berukuran segi empat. Dalam kain itu sudah ada pola atau motif muka ondel-ondel. Mereka tidak perlu lagi menggambar pola tersebut.

Baca juga: Saat Atlet Asian Games Asyik Menari Betawi di Setu Babakan...

Atlet bridge asal India, Marianne Karmarkar, mengaku senang bisa membatik di Setu Babakan.

"(Batik) ini indah sekali. Kami secara pribadi dapat melakukan (membatik) ini," kata Marianne.

Atlet artistic gymnastics asal Uzbekistan, Sabina Turobova, membatik motif ondel-ondel di PBB Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (26/8/2018).
Atlet artistic gymnastics asal Uzbekistan, Sabina Turobova, membatik motif ondel-ondel di PBB Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (26/8/2018). (KOMPAS.com/NURSITA SARI)
Marianne menyampaikan, negaranya juga memiliki kain batik. Namun, motifnya berbeda dengan motif batik yang digambarnya hari ini.

Saat Marianne dan para atlet lainnya membatik, banyak warga yang menyaksikan dan memotret kegiatan mereka. Marianne merasa seperti menjadi seorang artis.

Baca juga: Saat Atlet Asian Games Asyik Menari Betawi di Setu Babakan...

"Saya seperti artis di sini," ujarnya tersenyum.

Selain membatik, para atlet Asian Games itu sebelumnya telah menari Betawi di tepi Setu Babakan. Mereka tampak mengikuti setiap gerakan pemandu Tari Setu Babakan itu.

Mereka mengaku senang datang ke Setu Babakan dan menyukai tempat pelestarian budaya Betawi itu.

Editor : Kurnia Sari Aziza
Artikel Terkait


Close Ads X