PODSI Yakin Dayung Bakal Penuhi Target pada Asian Games 2018

By Hilda B Alexander - Jumat, 24 Agustus 2018 | 13:58 WIB
Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Basuki Hadimuljono bersama Menpora Imam Nahrawi mengucapkan selamat kepada tim putra Indonesia yang meraih emas pertama pada cabang dayung, 24 Agustus 2018.
Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Basuki Hadimuljono bersama Menpora Imam Nahrawi mengucapkan selamat kepada tim putra Indonesia yang meraih emas pertama pada cabang dayung, 24 Agustus 2018. (BOLASPORT.com/DELIA MUSTIKASARI)

PALEMBANG, KOMPAS.com - Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Basuki Hadimuljono, yakin atlet dayung Indonesia bakal memenuhi target perolehan medali pada Asian Games 2018.

Jumat (24/8/2018) pagi, atlet dayung Indonesia berhasil mempersembahkan tiga medali, masing-masing satu medali emas, perak, dan perunggu.

"Saya sangat mengapresiasi dan sangat bangga atas pencapaian satu emas, satu perak, dan satu perunggu," kata Basuki Hadimuljono kepada Kompas.com.

"Target kami kan dua emas. Satu emas lagi saya yakin akan didapat dari nomor perahu naga," tutur Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu.

Baca juga: Emas Pertama bagi Indonesia dari Cabang Dayung

Tim putra Indonesia menyumbang medali emas dari nomor LM8. Mereka mengungguli tim Uzbekistan dan Hong Kong pada perlombaan di Jakabaring Rowing Lake, Jumat pagi.

Tanzil Hadid, Muhad Yakin, Rio Rizki Darmawan, Jefri Ardianto, Ali Buton, Ferdiansyah, Ihram, Ardi Isadi, dan Ujang Hasbulloh menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 6 menit 8,88 detik.

Selain emas, Indonesia juga mendapatkan medali perak dan perunggu pada Jumat pagi.

Medali perak didapat dari nomor Men's Quadruple Scull. Kakan Kusmana, Edwin Ginanjar Rudiana, Sulpianto, dan Memo finis di posisi kedua, di bawah India dan mengungguli Thailand.

Sementara itu, medali perunggu didapat kuartet Chelsea Corputty, Wa Ode Fitri Rahmanjani, Julianti, dan Yayah Rokayah.

Mereka berlomba pada nomor Women's Four. Tim putri Indonesia finis di bawah China dan Vietnam yang berhak meraih medali emas dan perunggu.

Baca juga: Rowing Asian Games 2018 - Yayah/Julianti Sumbang Medali Pertama bagi Tim Dayung Indonesia

Total, Indonesia sejauh ini mendapatkan lima medali dari cabang dayung dengan rincian satu medali emas, dua perak, dan dua perunggu.

Sehari sebelumnya, Indonesia mendapatkan medali perak dari Men's Lightweight Four dan perunggu dari Women's Pair.

Indonesia hingga Jumat siang ini sudah mengoleksi 9 medali emas, 7 perak, dan 11 perunggu.

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Artikel Terkait


Close Ads X