Warga Karawang Tak Keberatan Jalan Dipakai Balap Sepeda Asian Games 2018

By Kontributor Karawang, Farida Farhan - Kamis, 23 Agustus 2018 | 11:46 WIB
Warga memadati  sepanjang venue nomor balap sepeda jalan raya Asian Games 2018 di Simpang Mutiara, Karawang, Kamis (23/8/2018).
Warga memadati sepanjang venue nomor balap sepeda jalan raya Asian Games 2018 di Simpang Mutiara, Karawang, Kamis (23/8/2018). (KOMPAS.com/Farida Farhan)

KARAWANG, KOMPAS.com - Warga Karawang tak mempermasalahkan penutupan jalur Simpang Mutiara-Cikalong, Karawang, untuk venue nomor balap sepeda jalan raya Asian Games 2018. Mereka justru antusias menonton.

Salah seorang warga Jomin, Eva, mengaku tak mempersalahkan jalur Simpang Mutiara hingga Cikalong ditutup. Apalagi, sosialisasi penutupan tersebut sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, baik melalui selebaran, media sosial, maupun informasi dari mulut ke mulut.

"Enggak masalah," kata Eva.

Eva justru mengaku antusias untuk menonton perhelatan olahraga terbesar di Asia tersebut.

"Kami sengaja ke sini karena ingin menonton. Kan belum tentu setiap tahun ada," tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Agung Priyanto, salah seorang salesman perusaahan di wilayah Cikampek.

Ia mengaku sudah mendapat info soal penutupan jalur tersebut, termasuk dari atasan tempatnya bekerja. Terlebih, ia sudah hapal jalan-jalan tikus di wilayah Simpang Mutiara hingga Cikalong.

"Kami antusias menonton balap sepeda (jalan raya Asian Games 2018) ini. Sengaja ke sini, untuk itu (nonton)," tambahnya.

Baca juga: 25 Petugas Bersihkan Venue Balap Sepeda Asian Games 2018 di Karawang

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, sejak pagi warga berkumpul di pinggir jalan, seperti di Simpang Mutiara, Karawang. Pertokoan sepanjang jalan tersebut tetap buka. Namun ada beberapa yang memilih tutup sementara.

Seperti diketahui, jalur Simpang Mutiara-Cikalong ditutup pada 23 Agustus 2018 mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.  Polres Karawang bersama stakeholder terkait menerapkan beberapa rekayasa lalu lintas.

"Kendaraan dari arteri Karawang dialihkan ke tol. Sementara kendaraan dari arah Subang dialihkan melalui Gerbang Tol Kalijati," kata Kasatlantas Polres Karawang AKP Arman Sahti, di Simpang Mutiara, Kamis (23/8/2018).

Baca juga: Ini Rekayasa Lalu Lintas Saat Balap Sepeda Jalan Raya Asian Games

Arman mengatakan, pihaknya juga menyediakan enam kantong parkir untuk mengistirahatkan kendaraan, seperti di SPBU, parkir rumah makan, dan sekolah.

"Sementara pos pantau ada sembilan," katanya.

Kompas TV Panita pelaksana Asian Games/ Inasgoc menyediakan layar besar di area GBK sebagai solusi untuk pengunjung yang sudah kehabisan tiket.



Editor : Farid Assifa
Artikel Terkait


Close Ads X