Asian Games Digelar, Jasa Marga Rekayasa Lalu Lintas Jalan Tol

By Dani Prabowo - Minggu, 19 Agustus 2018 | 15:07 WIB
Petugas melakukan pengawalan bus atlet di jalan tol.
Petugas melakukan pengawalan bus atlet di jalan tol. (PT Jasa Marga (Persero) Tbk.)

JAKARTA, KOMPAS.com - Asian Games ke-18 telah resmi dibuka pada Sabtu (18/8/2018) malam. Guna memperlancar arus kendaraan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimplementasikan sejumlah kebijakan untuk menunjang kelancaran arus kendaraan.

"Implementasi paket kebijakan tersebut mencakup manajemen lalu lintas, memberikan prioritas di gerbang tol hingga beautifikasi," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Minggu (19/8/2018).

Adapun bentuk manajemen lalu lintas itu seperti buka tutup gerbang tol guna memberikan prioritas dan akses masuk jalan tol sesuai kebutuhan.

Beautifikasi di gerbang tol yang dilakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk guna menyambut Asian Games 2018.
Beautifikasi di gerbang tol yang dilakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk guna menyambut Asian Games 2018. (PT Jasa Marga (Persero) Tbk)
Tol Dalam Kota menjadi salah satu ruas yang terkena dampak kebijakan ini. Proses buka tutup akan dilakukan di GT GT Angke 2, GT Tanjung Duren, off ramp RS Harapan Kita, GT Slipi 2, GT Slipi 1, GT Jelambar 1, dan GT Angke 1.

Tol lain yang terdampak yaitu Tol Jagorawi (on ramp TMII arah Bogor, GT TMII 2), Tol Jakarta-Cikampek (GT Cikampek), dan Tol Cipularang (GT Sadang).

"Kami juga memberikan prioritas GT yang dilintasi antara lain Tol Ruas Dalam Kota dan Soedijatmo (GT Senayan, GT Cengkareng), Tol Ruas Jagorawi (GT TMII, GT Cibubur, GT Sentul Selatan, GT Ciawi), Tol Ruas Jakarta-Cikampek (GT Bekasi Barat, GT Cibatu), Tol Ruas Cipularang-Padaleunyi (GT Pasteur, GT Pasir Koja, GT Buah Batu) dan Tol Ruas Palikanci (GT Plumbon)," tutur Heru.

Banner Asian Games 2018 dipasang di beberapa ruas tol.
Banner Asian Games 2018 dipasang di beberapa ruas tol. (PT Jasa Marga (Persero) Tbk)
Selain buka tutup, beautifikasi juga dilakukan untuk menambah kemeriahan Asian Games ke-18. Beautifikasi dilakukan di beberapa titik seperti Tol Dalam Kota, Soedijatmo, Jakarta-Cikampek (GT Bekasi Barat), dan Padaleunyi (GT Pasteur).

Lingkup pekerjaan beautifikasi dalam rangka menyambut Asian Games 2018 sendiri mencakup pemasangan branding Asian Games (3D Pictogram/Sticker/Banner Asian Games) pada Gerbang Tol, JPO dan area wilayah Jalan Tol.

Selain itu juga dilakukan peningkatan estetika di Gerbang Tol, Overpass dan flyover, pembersihan rambu, pengecatan marka jalan, guardrail, pagar, parapet, kanstin, dan lanskap. Serta penataan area pemukiman kumuh di koridor jalan tol hingga perapihan kabel-kabel utilitas.

Editor : Hilda B Alexander
Artikel Terkait


Close Ads X