Warga Asmat Ikuti Jalan Santai Sambut HUT RI dan Sukseskan Asian Games

By Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra - Minggu, 5 Agustus 2018 | 11:04 WIB
Jalan santai sambut HUT RI dan Sukseskan Asian Games di Asmat
Jalan santai sambut HUT RI dan Sukseskan Asian Games di Asmat (KOMPAS.com/istimewa)

TIMIKA, KOMPAS.com - Ratusan warga Kabupaten Asmat, Papua, mengikuti jalan santai yang diselenggarakan pemerintah setempat dalam rangka menyambut HUT ke-73 Republik Indonesia dan menyukseskan Asian Games, Minggu (5/8/2018).

Kegiatan jalan santai berhadiah 10 sepeda motor listrik dan hadiah lainnya tak hanya diikuti warga saja, tetapi juga setiap organisasi perangkat daerah, TNI-Polri dan elemen masyarakat lainnya, serta para pelajar.

Jalan santai ini mengambil star dan finis di lapangan Yos Sudarso. Dengan rute yang dilalui keliling Kota Agats yang menjadi ibu kota Kabupaten Asmat.

Bupati Asmat Elisa Kambu, Kapolres Abdul Aziz dan Danramil Agats Kapten Inf Hermanus K ikut serta dalam jalan santai ini.

"Dengan kebersamaan yang telah kita jalin selama ini akan terus kita jaga demi terlaksananya kamtibmas di kabupaten ini," kata Bupati Elisa Kambu.

Baca juga: Bupati Asmat Ajak Masyarakat Tanam Pohon Meski Struktur Tanah Berlumpur

Menurut dia, menyambut HUT RI tidak hanya dengan kegiatan jalan santai, tetapi memasang bendera merah putih di setiap depan rumah menjadi satu kewajiban sebagai warga Negara Indonesia.

Tak hanya itu, membersihkan lingkungan tempat tinggal dan kota juga menjadi suatu kegiatan positif dalam menyambut hari kemerdekaan dan menyukseskan Asian Games.

"Kita juga mendukung Asian Games yang akan dilaksanakan di 2 kota, yaitu di Jakarta dan Palembang," kata dia.

Baca juga: Kisah Hafid, Seorang Guru yang Dirikan Taman Bacaan di Asmat

Meski Asian Games hanya berlangsung di Jakarta dan Palembang, tapi menurut dia, Kabupaten Asmat yang letaknya di ujung timur Indonesia wajib menyukseskan pagelaran olahraga akbar tersebut.

"Dukungan moril harus terus kita berikan demi suksesnya Asian Games, karena merupakan momentum yang baik untuk memperkenalkan keberagaman budaya yang ada di Indonesia," tandas dia.

Kompas TV Tenaga medis muda ini memiliki misi kemanusian luar biasa saat berada di Asmat, Papua.



Editor : Farid Assifa
Artikel Terkait


Close Ads X