Butuh 20 "Nano Bubble" untuk Hilangkan Bau Tak Sedap Kali Item

By Ardito Ramadhan - Kamis, 2 Agustus 2018 | 13:44 WIB
Salah satu alat plasma nanobubble yang dipasang LIPI di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2018).
Salah satu alat plasma nanobubble yang dipasang LIPI di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2018). (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebut dibutuhkan sedikitnya 20 unit alat nano bubble untuk menghilangkan bau dari Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI Anto Tri Sugiarto mengatakan, pihaknya hanya menyediakan dua unit alat plasma nano bubble yang dipasang hingga Asian Para Games usai pada Oktober mendatang.

"Kami hanya menyediakan dua unit, harapannya nanti dari dinas, Kementerian Lingkungan Hidup, dari Sumber Daya Air bisa menambahkan (alat plasma nano bubble) itu, kan, bisa lebih cepat (menghilangkan bau)," kata Anto kepada Kompas.com, Kamis (2/8/2018).

Baca juga: LIPI Pasang Alat Plasma Nanobubble di Kali Item

Apabila 20 unit nano bubble dioperasikan secara bersamaan, bau tak sedap dari Kali Item bisa menghilang. 

Hal itu disebabkan jumlah kadar oksigen di dalam air meningkat drastis.

Adapun jumlah kadar oksigen di Kali Item saat ini berkisar 0,9-1,3 mg per liter dari standar 4 mg per liter.

Baca juga: Dinas LH DKI: Kadar Oksigen Kali Item Meningkat Berkat Nano Bubble

"Pengalaman saya pasang di tambak udang ya lima jam kemudian itu (kadar oksigen) sudah tinggi, tetapi, kan, airnya diam. Di sini kalau dipasang 20 sekaligus baunya hilang sih," ujar dia. 

Anto menambahkan, peningkatan kadar oksigen di Kali Item akan memengaruhi indikator lainnya seperti tingkat keasaman serta bau tak sedap dari Kali Item.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memasang sejumlah aerator dan nano bubble di Kali Item guna menghilangkan bau tak sedap.

Baca juga: Melihat Nano Bubble dan Aerator yang Dipasang Demi Kurangi Bau Kali Item

Bau tak sedap dari Kali Item dikhawatirkan dapat mengganggu kenyamanan atlet Asian Games 2018 yang akan tinggal di Wisma Atlet Kemayoran.

Editor : Kurnia Sari Aziza
Artikel Terkait


Close Ads X