Polri: Siswa Sekolah Diliburkan Saat Asian Games, Kemacetan Jakarta Berkurang

By Sakina Rakhma Diah Setiawan - Senin, 30 Juli 2018 | 19:36 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa.
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa. (KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa menyatakan, kebijakan meliburkan siswa sekolah selama penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dapat menurunkan kemacetan. Hal ini tergantung jumlah siswa yang terdampak.

"Ya tentunya (mengurangi kemacetan). Tergantung berapa banyak yang diliburkan," kata Royke di Polda Metro Jaya, Senin (30/7/2018).

Royke menyatakan, ada 34 sekolah yang diliburkan di Jakarta selama penyelenggaraan Asian Games 2018. Menurut dia, kebijakan ini cukup baik dibandingkan tidak meliburkan sama sekali.

Sebab, aktivitas siswa sekolah, khususnya pada sekolah-sekolah yang dilewati mobilitas kegiatan Asian Games, dapat menimbulkan kepadatan arus lalu lintas. Apabila siswa sekolah diliburkan, maka kemacetan di Jakarta dapat berkurang lebih dari 15 persen.

Baca juga: 25 Ribu Tiket Gratis Asian Games untuk Pelajar, Kemungkinan Akan Bertambah

"Anak sekolah secara keseluruhan saja selama masa libur dampaknya kemacetan di Jakarta bisa diturunkan 15 persen bahkan lebih," tutur Royke.

Sebanyak 17.000 siswa dari 34 sekolah akan belajar di rumah selama 9 hari pada saat Asian Games berlangsung. Meski tidak ada aktivitas belajar mengajar di sekolah, pihak sekolah akan memberikan tugas untuk siswa.

Pemprov DKI Jakarta meliburkan 34 sekolah itu atas pertimbangan lokasi yang berada di dekat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selain itu, ada juga sekolah yang lokasinya dekat pintu keluar tol yang dilintasi kendaraan para atlet menuju venue. Tepatnya ada delapan rute perjalanan atlet dari Wisma Atlet menuju venue.

Adapun 34 sekolah itu diliburkan pada 20 sampai 31 Agustus 2018. Khusus pada 22 Agustus, sekolah tidak diliburkan karena memang tanggal merah Idul Adha.


Kompas TV TNI dan Polri telah siap melakukan pengamanan pada pergelaran Asian Games yang akan digelar pada tanggal 18 Agustus mendatang.



Editor : Sabrina Asril
Artikel Terkait


Close Ads X