Sylviana Murni: Kami Konsentrasi agar Kali Item Tak Bau Saat Asian Para Games

By Ardito Ramadhan - Senin, 30 Juli 2018 | 13:58 WIB
Wakil Ketua Umum INAPGOC sekaligus District Governor Lions Club Indonesia Sylviana Murni (kanan) didampingi anggota Tim Ahli Lions Club Indonesia Zaenal Goefron memberikan keterangan kepada wartawan di Sunter, Senin (30/7/2018).
Wakil Ketua Umum INAPGOC sekaligus District Governor Lions Club Indonesia Sylviana Murni (kanan) didampingi anggota Tim Ahli Lions Club Indonesia Zaenal Goefron memberikan keterangan kepada wartawan di Sunter, Senin (30/7/2018). (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPAS.com — District Governor Lions Club International dan Wakil Ketua Umum Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inapgoc) Sylviana Murni menyatakan, pihaknya menyiapkan upaya pembersihan Kali Item jelang Asian Para Games yang digelar Oktober mendatang.

"Terkait dengan Para Games nanti pada 6 Oktober sampai 13 Oktober, kami konsentrasinya agar pada saat itu tidak bau," kata Sylviana di Sunter, Senin (30/7/2018).

Kotornya Kali Item yang terletak di samping Wisma Atlet Kemayoran dikhawatirkan dapat mengganggu kenyamanan atlet yang melintas di sana.

Baca juga: Kunjungi Wisma Atlet, Menteri Puan dan Sandiaga Cek Kamar Atlet Asian Para Games

Sylviana menuturkan, pihaknya akan menggunakan teknik flocculant dan coagulant serta mikroorganisme yang akan memakan lumpur-lumpur yang mengendap untuk mempercepat penghilangan bau di Kali Item.

Upaya tersebut baru dimulai pada September mendatang. Sylviana berharap, teknik tersebut sukses membersihkan Kali Item dan dapat diterapkan di tempat lain.

"Kami kan crash program yang jangka waktu 30 harian yang dimulai sebelum Asian Para Games sampai nanti selesai. Kalau bagus, kami akan tindak lanjuti ke Waduk Pluit," kata dia.

Baca juga: Uji Coba Asian Para Games, DKI Sediakan 100 "Low Entry Bus"

Sylviana menyebut, dana yang dibutuhkan untuk teknik-teknik tersebut tak mencapai angka Rp 200 juta dan diambil dari anggaran Asian Para Games.

Dikutip dari laman resminya, Lions Club adalah sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang sosial. Organisasi itu telah berdiri sejak 1917 dan beranggotakan 1,4 juta orang.

Asian Para Games akan digelar Oktober mendatang selepas Asian Games. Sedikitnya 4.000 atlet dari 43 negara akan menginap di Wisma Atlet Kemayoran selama perheletan tersebut.

Kompas TV Kegiatan ini sekaligus menutup rangkaian Indonesia Para Games Invitational Tournament yang digelar sejak 27 Juni hingga 3 Juli.



Editor : Robertus Belarminus
Artikel Terkait


Close Ads X