Warna-warni Kali Item di Malam Hari Setelah Dipasangi Lampu

By Ardito Ramadhan - Rabu, 25 Juli 2018 | 20:38 WIB
Lampu LED yang dipasang di atas Kali Item dekat Wisma Atlet Kemayoran telah dinyalakan, Rabu (25/7/2018).
Lampu LED yang dipasang di atas Kali Item dekat Wisma Atlet Kemayoran telah dinyalakan, Rabu (25/7/2018). (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu-lampu LED yang dipasang di atas kain waring yang menutupi Kali Item dekat Wisma Atlet Kemayoran telah menyala sejak Senin (23/7/2018) lalu.

Pantauan Kompas.com pada Rabu (25/7/2018) malam, lampu warna-warni yang dipasang menggemerlapkan kawasan Kali Item yang suasananya tidak terlalu terang. Warna yang menyala tampak bervariasi, ada biru, kuning, dan hijau.

"Ini sudah hari ketiga menyala, bagus-bagus saja sih, jadi meriah juga. Tetapi, saya khawatir banyak yang nongkrong jadi banyak yang buang sampah sembarangan," kata Agus, seorang warga setempat.

Baca juga: Bau dan Kotor Menyambut Saat Menyusuri Aliran Kali Item...

Kawasan tersebut memang tampak ramai dari pengunjung dan pengendara yang sekadar melintas. Beberapa warung makan terlihat berdiri tak jauh dari Kali Item.

Dani, warga yang sedang asyik nongkrong di tepi Kali Item menyambut positif adanya lampu-lampu yang menerangi Kali Item.

"Bagus juga, ketimbang cuma dikasih kain waring saja, kan biasa saja. Dikasih lampu gini ya lumayan lah dilihat dari atas juga kayaknya cakep," kata Dani.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pemasangan lampu di Kali Item dilakukan agar kawasan tersebut tampak lebih menarik.

Baca juga: Belum Lama Dipasang, Waring di Kali Item Mulai Robek

"Untuk beautifikasi-nya dipasang lampu, nanti mungkin ada ornamen-ornamen yang dipasang oleh teman-teman dari Dinas Perindustrian dan Energi. Mungkin bisa jadi tempat yang malah menarik," kata Sandiaga.

Adapun kain waring dipasang menutupi aliran Kali Item untuk mengurangi bau tak sedap yang muncul serta menutupi hitam pekatnya aliran kali tersebut.

Kompas TV Jelang perhelatan Asian Games, Agustus mendatang Kali Sentiong di Kemayoran, Jakarta Pusat ditutup oleh waring.



Editor : Robertus Belarminus
Artikel Terkait


Close Ads X