Gangguan Sistem, Gerbang Pengguna KMT dan Kartu Bank Dibedakan di Stasiun Tebet

By Ryana Aryadita Umasugi - Selasa, 24 Juli 2018 | 12:15 WIB
Tap out di gate stasiun tebet dibedakan bagi pengguna KMT dan kartu bank, Selasa (24/7/2018)
Tap out di gate stasiun tebet dibedakan bagi pengguna KMT dan kartu bank, Selasa (24/7/2018) (KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI )

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerbang tap out di Stasiun Tebet dibedakan untuk pengguna Kartu Multi Trip (KMT) dan pengguna kartu bank, Selasa (24/7/2018). 

Kepala Stasiun Tebet Iskandar mengatakan, hal ini dilakukan karena kartu bank masih belum bisa terbaca di semua gerbang keluar karena gangguan sistem.

"Jadi memang sengaja kami pisahkan karena yang kartu bank itu sistemnya belum bisa di semua gate," ujar Iskandar saat ditemui Kompas.com, di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Selasa.

Baca juga: BCA akan Mengecek Kartu Flazz yang Tidak Bisa Dipakai Tap In KRL

Pihak stasiun sengaja memisahkan penggunaan tap out dari pengguna kedua kartu ini untuk mengantisipasi adanya penumpukan penumpang.

Pasalnya, KMT tetap bisa digunakan mengakses semua pintu keluar. Namun, tidak dengan kartu bank.

"KMT, kan, tidak ada gangguan, tetapi kami arahkan di pintu terpisah supaya nanti enggak menumpuk sama yang pengguna kartu bank," kata dia.

Baca juga: Sebagian Kartu Bank Belum Bisa Digunakan untuk Bayar KRL

Saat ini, pengguna kartu bank dikhususkan untuk tap out di pintu 7, 8, dan 9, sedangkan pengguna kartu bank bisa tap out di pintu 12 hingga 16.

"Jadi kalau masuk kartu bank bisa digunakan di semua gate, hanya khusus keluar saja dia berfungsi di gate 7, 8, dan 9. Karena kalau keluar itu, kan, saldonya terpotong, kalau masuk itu hanya pembacaan kode," ujar Iskandar. 

Gangguan sistem pada gerbang tap out kartu bank ini terjadi sejak pukul 05.00 pagi.

Baca juga: Penumpang KRL: 15 Menit Saya Antre untuk Tukar THB

Saat ini terdapat beberapa petugas yang menjaga gerbang maupun mengarahkan melalui pengeras suara.

"Pengguna KMT bisa tap out di gate sebelah kanan dan pengguna kartu bank bisa tap out di gate sebelah kiri," ujar salah satu petugas melalui pengeras suara.

Editor : Kurnia Sari Aziza
Artikel Terkait


Close Ads X