1.000 Penari Akan Sambut Para Alet Asian Games di Setu Babakan

By Nursita Sari - Rabu, 11 Juli 2018 | 15:20 WIB
Amfiteater di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto diambil Kamis (22/3/2018).
Amfiteater di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto diambil Kamis (22/3/2018). (KOMPAS.com/NURSITA SARI)

JAKARTA, KOMPAS.com - Atlet-atlet Asian Games 2018 rencananya akan berkunjung ke Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Jakarta Selatan pada 26 Agustus 2018. Di sana mereka nanti akan disuguhi tarian massal khas Betawi.

Kepala UPK PBB Setu Babakan Rofiqoh Mustafa mengatakan, rencananya ada sekitar 1.000 penari yang akan tampil di tepian Setu Babakan.

"Tarian massal, 1.000 penari kurang lebih di Setu Babakan, di sekitar bantaran (setu)," ujar Rofiqoh saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/7/2018).

Rofiqoh menjelaskan, tarian bertajuk "Setu Babakan Menari" itu awalnya akan digelar bukan pada 26 Agustus. Waktu pelaksanaan kegiatan itu digeser bertepatan dengan kunjungan atlet-atlet Asian Games.

Baca juga: Atlet Asian Games Kecelakaan Saat Berlatih Sepeda di Tanjakan Emen

"Biar mereka (atlet-atlet Asian Games) lihat bagaimana tari-tari Betawi, biar nanti mereka punya kenangan untuk dibawa ke luar sana," ujar Rofiqoh.

UPK PBB Setu Babakan saat ini masih menyusun jadwal acara untuk 26 Agustus itu. Menurut rencana, para atlet akan disambut tari palang pintu khas Betawi.

Mereka kemudian akan melihat rumah-rumah adat Betawi, menyaksikan gambang kromong, hingga belajar membatik dan menari Betawi. Setelah belajar membatik dan menari, barulah mereka disuguhi tarian massal 1.000 penari di tepian Setu Babakan.

Asian Games akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus sampai 2 September 2018.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyiapkan sejumlah paket wisata untuk para atlet Asian Games yang berlaga di Jakarta. Destinasi wisata yang persiapan antara lain Setu Babakan, kawasan Kota Tua, dan Taman Ismail Marzuki.

Editor : Egidius Patnistik
Artikel Terkait


Close Ads X