Demi Asian Games, Pemprov DKI Upayakan Kali Item Jadi Lebih Bening

By Jessi Carina - Selasa, 22 Mei 2018 | 12:21 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2/2018). Kunjungan tersebut untuk mengetahui kesiapan Wisma Atlet untuk para atlet pada Asian Games 2018.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2/2018). Kunjungan tersebut untuk mengetahui kesiapan Wisma Atlet untuk para atlet pada Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya untuk menghilangkan bau dan warna hitam aliran Kali Item yang berada di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, secara umum pihaknya akan menggunakan teknologi nanobubble untuk membantu menjernihkan air.

"Dia (teknologi nanobubble) seperti akan me-recycle, reuse, reduce air. Proses 3R itu nanti akan menyaring air terus diolah, supaya air itu tidak bau. Sama seperti kalau kita pakai airator, konsepnya (air) diputar sehingga sedimen lumpur juga terendap," ujar Teguh ketika dihubungi, Selasa (22/5/2018).

Baca juga: Anies: Kali Dekat Wisma Atlet Tak Terlalu Bau tetapi Warnanya Masih Hitam

Ia mengatakan, pengangkatan sedimen lumpur di Kali Item tidak bisa menggunakan alat berat. Sebab kali tersebut belum di-sheetpile

Teguh mengatakan pemerintah pusat juga akan membantu proses pembersihan kali tersebut.

Dinas Sumber Daya Air juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kehutanan DKI Jakarta.

"Nanti juga akan ada bantuan dari kementerian, sudah kerjasama dengan kami penyediaan pompa supaya air jalan nih sehingga tidak bau. Kemudian juga pembeningan sedang dalam progres," kata Teguh.

Untuk memperindah kali, Teguh mengatakan Dinas Sumber Daya Air sudah memasang pagar sepanjang 740 meter.

"Itu nantinya akan ditindaklanjuti dengan penanaman pohon oleh Dinas Kehutanan," ujar Teguh.

Upaya pembersihan Kali Item di Wisma Atlet demi membuat para atlet yang nanti menginap di wisma merasa nyaman. Posisi kali tersebut berada dekat dengan arena dining hall para atlet.

Bau menyengat dari kali bisa mengganggu aktivitas atlet.

Editor : Egidius Patnistik
Artikel Terkait


Close Ads X