Jakarta Diminta Bebaskan Pajak Tiket Asian Games

By Nibras Nada Nailufar - Jumat, 6 April 2018 | 19:48 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Ketua Inasgoc Erick Thohir
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Ketua Inasgoc Erick Thohir (Kompas.com/Akhdi Martin Pratama)

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rapat evaluasi progres dukungan Asian Games yang digelar Inasgoc bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta, Ketua Inasgoc Erick Thohir meminta Pemprov DKI Jakarta membebaskan pajak tiket Asian Games. Hingga saat ini, hanya DKI Jakarta yang belum memutuskan kebijakan tiket.

"Rekan ticketing kami masih menunggu. Alhamdulillah kalau di Palembang kemarin (tiket), billboard, Pak Alex Noerdin (Gubernur Palembang) sudah memutuskan langsung, di situ semua bebas (pajak). Jawa Barat juga sudah memutuskan tinggal Pak Wagub DKI (Sandiaga Uno) seperti apa," kata Erick kepada Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Baca juga : Inasgoc Akan Gratiskan 20 Persen Tiket Pertandingan Asian Games

Kepala Badan Pajak dan Restribusi Daerah DKI Jakarta (BPRD) Edi Sumantri menjelaskan pihaknya terkendala peraturan daerah yang menjelaskan tak ada keringanan pajak kecuali untuk dua pertimbangan.

"Perda menyampaikan yang dapat dibebaskan itu karena asas keadilan atau asas resiprositas. Asas keadilan untuk golongan ekonomi menengah," kata Edi.

Dalam aturan yang sama juga dijelaskan, gubernur punya kewenagan mengurangi pajak hingga 50 persen dari pokok pajak jika kegiatan yang dimaksud adalah untuk kepentingan daerah.

"Jadi bukan dari kami tidak memberikan, tapi kan kami menyesuaikan dengan Perda-nya," kata Edi.

Editor : Egidius Patnistik
Artikel Terkait


Close Ads X