Sandiaga: Ondel-ondel Berwajah Brad Pitt Bisa Jadi Ikon Asian Games

By Akhdi Martin Pratama - Senin, 5 Maret 2018 | 21:36 WIB
Ondel-ondel dipajang di pinggir Jalan Raya Kramat Pulo, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (10/1). Warga di permukiman padat penduduk ini banyak yang menggantungkan mata pencarian dengan membuat ondel-ondel ataupun mengamen dengan ondel-ondel.
Ondel-ondel dipajang di pinggir Jalan Raya Kramat Pulo, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (10/1). Warga di permukiman padat penduduk ini banyak yang menggantungkan mata pencarian dengan membuat ondel-ondel ataupun mengamen dengan ondel-ondel. (KOMPAS/DIAN DEWI PURNAMASARI )

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, ondel-ondel yang dibuat oleh para pengrajin yang masuk dalam program One Kecamatan One Ondel-ondel Betawi atau OK OBE bisa digunakan untuk mensosialisasikan Asian Games.

Terlebih, para pengrajin itu bisa membuat wajah ondel-ondel menyerupai artis terkenal seperti Brad Pitt. Menurut Sandiaga hal tersebut bisa menarik perhatian warga.

"Menurut saya (ondel-ondel berwajah Brad Pitt) bisa dipakai untuk Asian Games sebagai salah satu ikon menarik. Jadi selain daripada Atung, Bhin-Bhin, dan Kaka jadi ada ondel-ondel yang menunjukkan kekinian," ujar Sandiaga di Balai Kota DKI, Senin (5/3/2018).

Baca juga : Sandiaga Sebut Perajin Bisa Bikin Ondel-Ondel Miri Brad Pitt dan Raisa 

Sandiaga menambahkan, ondel-ondel yang diproduksi pengrajin OK OBE sudah memiliki unsur milenial. Atas dasar itu, diharapkan bisa menarik antusiasme masyarakat menyambut Asian Games.

"Tadi kita lihat di OK-OBE, ondel-ondel kreasi betawi, kita buat sedikit konsepnya yang langsung membumi, nyambung dengan milenial, meningkatkan awareness untuk Asian Games," kata Sandiaga.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Kompas.com/Akhdi Martin Pratama)


Sebelumnya, Sandiaga membuka bazar di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (5/3/2018). Pada acara bazar tersebut turut hadir pengrajin ondel-ondel yang tergabung dalam program One Kecamatan One Ondel-ondel Betawi atau OK OBE.

"Hari ini kami buka kreasi Betawi, ondel-ondel kreasi Betawi yang kami gagas waktu Festival Cempaka Putih, langsung tereksekusi dalam waktu dua minggu, lahirlah gerakan OK OBE. Itu ondel-ondel kreasi Betawi yang merupakan salah satu varian dari OK OCE," kata Sandiaga.

Baca juga : Sandiaga Ingin Ajak Pengamen Ondel-Ondel Sosialisasikan Asian Games

Menurut Sandiaga, perajin ondel-ondel tersebut bisa melayani pesanan sesuai keinginan konsumen. Mereka bisa membuat wajah ondel-ondel mirip artis terkenal.

"Kami mau ondel-ondel khas, misalnya mukanya mirip dengan Brad Pitt atau mukanya mirip sama yang sekarang Tom Hanks, Ryan Gosling. Itu kan bisa dipesan," kata Sandiaga.



Editor : Dian Maharani
Artikel Terkait


Close Ads X