Anies Ingin Petak Sembilan Jadi Destinasi Wisata Saat Asian Games

By Ardito Ramadhan - Sabtu, 3 Maret 2018 | 20:34 WIB
Atraksi barongsai yang disaksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di Festival Pecinan di Glodok, Jakarta Barat, Sabtu (3/3/2018)
Atraksi barongsai yang disaksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di Festival Pecinan di Glodok, Jakarta Barat, Sabtu (3/3/2018) (KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan kawasan Petak Sembilan di Jakarta Barat dapat menjadi salah satu destinasi wisata pada Asian Games Agustus mendatang.

"Saya sudah lihat rencana untuk perencanaan Petak Sembilan supaya bisa lebih rapi. Insya Allah nanti pada saat Asian Games, ada begitu banyak orang datang ke Jakarta. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah kawasan pecinan ini," kata Anies di Glodok, Jakarta Barat, Sabtu (3/3/2018).

Anies mengatakan, kawasan Petak Sembilan harus dilestarikan karena suasana budaya Tionghoa yang telah mengakar di sana. Ia menolak kawasan pecinan itu diubah namanya menjadi Chinatown.

"Jangan kita cepat-cepat jadi Chinatown, nama itu (Petak Sembilan) adalah nama yang khas di Jakarta. Penamaannya menunjukkan tradisi nama yang sudah beratus umurnya dan ini kita pertahankan penamaan," kata Anies.

Baca juga : Rencana Pemprov DKI agar Pecinan Petak Sembilan Jadi Perhatian Turis China

Anies menambahkan, momen perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang digelar di kawasan itu juga bisa menjadi daya tarik wisata di Jakarta.

"Biarkan ini jadi salah satu daya tarik bagi turis yang datang ke Jakarta. Baik turis internasional maupun turis domestik, karena ini suatu perayaan yang unik di Jakarta," kata dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga ingin menampilkan salah satu kebudayaan Tionghoa pada Asian Games nanti, yaitu barongsai.

"Barongsai saya ingin tampilkan. Itu keren banget, luar biasa," kata Sandiaga.

Baca juga : Petak Sembilan, Pecinan Jakarta yang Bersolek Menjelang Imlek...

Editor : Egidius Patnistik
Artikel Terkait


Close Ads X