Ambisi Kaca Film Merek Jepang Kuasai Pasar Indonesia

Sabtu, 29 Agustus 2015 | 09:29 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Merek kaca film asal Jepang, Wincos, berambisi menguasai pasar premium di Indonesia.

Tangerang, KompasOtomotif – Setelah memperkenalkan diri sebagai pemasar kaca film asal Jepang, Wincos, di Indonesia International Motor Show tahun lalu, PT Krisant Pundimas Sejahtera (KPS), memastikan kehadirannya bukan sebagai penggembira. Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, KPS mengungkap ambisi menguasai pasar kaca film premium di Indonesia.

Target menjadi nomor satu disebut bukan tidak mungkin, modal awal yang menjanjikan yaitu Wincos datang sebagai konstestan utama di Jepang. Di Negeri Matahari terbit, Wincos diklaim menguasai lebih dari 80 persen pasar kaca film.

“Memang banyak merek kaca film, masing-masing punya kelebihan. Kami hanya bermain di kelas premium, kami percaya orang Indonesia makin banyak yang punya mobil premium,” ujar Iwan Udaya, Direktur KPS, Jumat (28/8/2015).

Salah satu cara meningkatkan pasar yang sedang dikembangkan yaitu merangkul Agen Tunggal Pemegang Merek agar Wincos bisa jadi produk OEM (original equipment manufacturer). Langkah awal yang sudah dijajaki yakni bekerja sama dengan para diler mobil.

Selain itu, untuk menggaet lebih banyak konsumen, KPS menawarkan promo khusus pemasangan produk baru, HCD-3G. Selama penyelenggaraan GIIAS 2015, kaca film dengan tingkat kegelapan sampai 80 persen namun diklaim tetap memiliki pandangan jernih itu dijual dengan diskon sampai 50 persen.

Untuk MPV dan SUV kompak, produk yang juga dikatakan anti sinar inframerah dan tanpa menggunakan bahan metal ini dijual Rp 3,1 juta. Sedangkan buat MPV medium Rp 3,6 juta dan kelas mobil kota Rp 2,6 juta. Pemasangan sudah termasuk garansi selama lima tahun.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian