Komentar Mereka soal All-New Pajero Sport

Jumat, 28 Agustus 2015 | 07:46 WIB
Mitsubishi Mitsubishi All-New Pajero Sport 2015 mendebut di Thailand, Sabtu (1/7/2015).


Tangerang, KompasOtomotif
– Kendati sudah meluncur di Big Motor Sale di Bangkok, Thailand, bulan lalu, publik di Indonesia masih harus menunggu kedatangan Mitsubishi All-New Pajero Sport. Sambil menanti, KompasOtomotif mencoba menggali pendapat tentang SUV medium yang dikemas lebih modern itu dari kalangan komunitas.

Ketua Umum Pajero Owners Community, Leonard Faried Galistan, mengatakan, poin yang patut diapresiasi pada generasi ketiga Pajero Sport adalah tambahan unsur keselamatan. Di pasar domestik Thailand, Pajero Sport terbaru dibekali fitur Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Sport Warning (BSW), around view monitor, sonar parking sensors, electronic parking brakes, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS), dan tujuh kantong udara.

“Ini diperlukan karena kita sering pakai Pajero Sport buat touring,” kata Leonard saat berkunjung ke stan Mitsubishi di Gaikindo Indonesia International Auto Show, Kamis (27/8/2015).

Mesin

Di Thailand, All-New Pajero Sport menggunakan mesin baru 4N15 2.4L MIVEC turbo commonrail bertenaga 181 tk dan torsi 430 Nm. Saat nanti dipasarkan, belum ada jaminan di Indonesia menggunakan mesin itu. Pasalnya, bila menengok dari All-New Triton, Mitsubishi Indonesia tetap menggunakan mesin lama (4D56 2.5L sama seperti Pajero Sport) walaupun di Thailand sudah dibekali mesin 4N15 2.4L MIVEC.

Leonard bilang tidak masalah bila keputusannya All-New Pajero di Indonesia tetap menggunakan mesin lama karena sudah dikenal baik di masyarakat. “Kita sudah puas dengan mesin lama, sebenarnya bukan mesin, tapi fitur keselamatan yang terpenting,” papar Leonard.

Hal lain yang bikin penasaran adalah penggunaan transmisi 8-percepatan. Menurut Leonard, bila digunakan di Indonesia, akan membuat All-New Pajero Sport seperti SUV mewah. “Ya, mungkin ekspektasinya terlalu tinggi. Tapi setidaknya dengan teknologi baru kita bisa berbagi pengalaman. Kita tunggu saja,” ungkap Leonard.

Kabarnya, Mitsubishi Indonesia akan menjual All-New Pajero Sport pada awal 2016. Tidak lama setelah itu, SUV generasi ketiga ini akan dirakit lokal di Indonesia.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian