Drift War III Ajang “Unjuk Gigi” Drifter Muda

Kamis, 27 Agustus 2015 | 19:01 WIB
Febri Ardani Aksi Demas Agil


Jakarta, KompasOtomotif – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 kembali meggelar, Drift War II di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 28-30 Agustus mendatang. Ajang balap drift tahun ini selain diikuti oleh 61 peserta, juga memberikan kesempatan kepada para drifter pemula untuk unjuk kebolehan.

Pimpinan Perlombaan/Clerck of Course Drift War III, Amroe Wahyudi mengungkapkan, berbeda dengan dua tahun lalu, Drift War III ini diikuti peserta lebih banyak lagi dan yang tak kalah penting adalah para drifter pemula diberikan kesempatan untuk turun tangan.

“Kita membuka sedikit dari peraturan kejurnas dan membuka kelas pemula. Simpelnya, mobil para pemula itu hanya tersedia roll bar samping, karena kecepatannya masih dibatasi. Meski menggunakan rollbar samping saja dirasa sudah cukup aman,” ungkap Amroe di press room IIMS 2015, Kamis (27/8/2015).

Seluruh peserta drifting ini, lanjut Amroe kebanyakan dari wilayah jabodetabek, bahkan ada dari Bandung dan Sukabumi. Hari pertama, seluruh peserta akan diberikan kesempatan untuk melakukan sesi pemanasan dan di hari kedua dan ketiga (29-30 Agustus) dimulai pertandingannya.

“Kita memberikan waktu yang lebih lama kepada para drifter, oleh karena itu kita lakukan acara ini selama tiga hari berturut-turut,” lugasnya.

Juri Internasional

Berbeda dengan sebelumnya, Drift War III ini dewan jurinya diambil dari 2 negara, yakni Jepang dan Malaysia. Adalah Taniguchi Atsushi, Hibini Tetsuya yang berasal dari Jepang dan Wanderbro asal Malaysia. Ketiga juri itu sudah sangat paham tentang dunia drifting.

“Alasan kami membawa juri internasional adalah kami kehabisan juri lokal. Tapi di satu sisi kami juga bangga punya driter Indonesia yang sangat canggih, sehingga kami berpikir acara seperti ini memerlukan juri yang bertaraf internasional,” tutup Amroe.

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian