Duke of Hazzard, "Si Pembuat Onar" di IIMS 2015

Rabu, 26 Agustus 2015 | 09:01 WIB
Stanly/KompasOtomotif Dodge Charger 1969 General Lee


Jakarta, KompasOtomotif - Dodge Charger 1969 menjadi salah satu parade Movie Car dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Bagi pencinta serial televisi era 1980-an, pastinya akrab dengan duet bersaudara Bo dan Luke dalam film Duke of Hazzard yang mengendarai muscle car dengan nama General Lee ini.

Mobil berwarna oranye dengan nomor punggung 01 ini menjadi tunggangan liar yang kerap membuat onar dalam menjalankan aksi-aksinya. Tak heran di beberapa serial filmnya mobil ini selalu membuat aksi-aksi memukau yang menjadi ciri khasnya.

Mulai dari cara masuk pengendara yang tak membuka pintu sampai atraksi lompatan panjang saat kejar-kejaran dengan polisi. General Lee sendiri menjadi sapaan akrab yang diberikan oleh sang paman yang diambil dari nama pemimpin pejuang saat perang Virginia Utara Amerika.

Sepanjang pembuatan film, mobil ini sudah direplika sebanyak 300 unit. Aksi-aski ekstrem yang dilakukan kerap membuat mobil ini mengalami kerusakan fatal dalam setiap episodenya. Di balik itu semua, adegan jumping atau lompat itu yang membuat ciri khas film ini sukses besar pada eranya.

Stanly/KompasOtomotif Dodge Charger General Lee

Dalam film aslinya, mobil ini menggunakan mesin 440 Magnum V8 dengan tenaga 375 tk, tetapi ketika menyesuikan kebutuhannya, mobil ini mengalami beberapa peningkatan hingga akhirnya disematkan mesin Chrysler 426 Hemi Charger untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar. Spesifikasi khusus pun diterapkan guna menunjang sisi safety saat pembuatan film seperti pemasangan roll cage dan pelek 14 inci dengan lebar 7.

Nah, bagi Anda yang ingin bernostalgia bisa langsung datang dalam ajang IIMS, tepatnya di Hall B1. Di sana, General Lee hadir ditemani parade mobil dan sepeda motor yang memiliki sejarah panjang dalam dunia balap Indonesia.

Penulis : Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian