Transfer "Water Printing", Cara Instan Modifikasi Warna dan Corak

Rabu, 26 Agustus 2015 | 08:19 WIB
Stanly/Otomania Water Printing


Tangerang, KompasOtomotif - Modifikasi dengan mengandalkan warna dan permainan corak menjadi tren yang cukup digandrungi. Banyak cara yang bisa dilakukan, tapi yang paling instan cuma bisa mengunakan metode water printing.

Water printing merupakan metode pengecatan yang menggunakan media film dan air. Meski harus melalui beberapa rangkaian proses, tapi hasil yang didapat bisa lebih detail dari metode air brush untuk permainan corak.

"Hampir untuk permukaan bisa menggunakan water printing. Untuk bodi plastik, besi, karet, alumunium sampai bahan alloy pelek juga bisa. Ada prosesnya, tapi untuk ukuran waktu dan detail lebih cepat," ucap Burdi, Supervisor pemasaran Sinergi, yang memasarkan teknologi ini dalam acara GIIAS kepada KompasOtomotif, Selasa (25/8/2015).

Caranya sangat mudah, tinggal siapkan satu bak air yang besar dengan yang terisi air hangat, lalu celupkan media film dengan ukuran yang sesuai dengan dimensi barang yang diinginkan. Setelah kertas film sudah mengembang dan menyatu dengan air, tinggal semprotkan cairan berupa activator ke permukaan yang kering pada kertas, lalu celupkan bodi atau benda yang menjadi media secara menyeluruh ke semua bidang.

Setelah dirasa cukup, tinggal angkat dan bersihkan. Hasilnya bisa langsung dilihat setelah dikeringkan. Corak dan detail warnanya lebih keluar, tidak kalah dengan permainan cat air brush.

Stanly Ravel Water Printing Sieger

"Corak atau warna kita punya 68 motif. Yang paling laku itu motif karbon, biasa untuk pelek atau bodi motor dan mobil. Salah satu keunggulan metode water printing ini bisa menjangkau semua sudut dengan rata, jadi hasilnya juga lebih maksimal," ucapnya.

Selama pameran di GIIAS, Sieger menyediakan paket promo. Dengan harga Rp 368.000, konsumen sudah mendapat satu kaleng activator dan ukuran kertas film enam meter. Sedangkan bila sekalian pasang dikenakan biaya Rp 200 per cm, dan bisa dikerjakan di showroom Sieger di Pondok Jaya Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Penulis : Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian