Toyota Bikin Yaris dan Agya Jadi Tak Biasa

Selasa, 25 Agustus 2015 | 17:48 WIB
Stanly Ravel/KompasOtomotif Toyota Yaris Heykers


Tangerang Selatan, KonpasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) menampilkan hasil kreasi divisi tim desain dengan menghadirkan dua modifikasi Toyota Yaris dan satu unit Agya. Tiga mobil ini ditampilkan sebagai wujud inspirasi terutama bagi pemilik Yaris dan Agya.

Dua model Yaris modifikasi itu diberi nama Heyker dan Legian. Sedangkan buat Agya modifikasi diberi nama Kojo.

Yaris Heykers

Yaris Heykers ditampilan sebagai kendaraan yang mewakili selera kaum muda yang gemar berpetualang. Konsepnya mengacu pada urban adventure, dari tampilan depan dan belakang mengadopsi desain sentuhan agresif.

"Heykers terinspirasi dari tukang jalan-jalan yang kita arti awalnya hyker dan kita pelesetkan menjadi heykers. Konsep angular dan agresif dipilih untuk menegaskan sisi adventurenya," ujar Akbar Juniarto anggota desainer TAM, Selasa (25/8/2015).

Bukan hanya bodi, penamilan Yaris ini diperkuat dengan kaki-kaki yang sudah didukung dengan shock absorber, lengkap dengan pelek 17 inci TRD. Interior dibuat lebih ke arah lembut dengan balutan warna merah marun.

Stanly Ravel/KompasOtomotif Toyota Yaris Legian

Yaris Legian


Konsep Legian terinspirasi dari nama kawasan wisata di pantai Bali yang manjadi inspirasi utama. Desainnya menampilkan suansa advance, dirancang melebihi desain  yang sudah ada dengan model convetible.

Dibandingkan deretan modifikasi yang lain, konsep Legian menjadi yang paling ekstrem dengan memangkas atap. Tampilan depan menganut desain sporty yang tetap fokus pada nama besar Yaris dengan lambang Y yang diakumulasi menjadi sebauh gril, desain lampu utama lebih mengikuti desain bodi yang bersudut.

"Dominasi warna kuning menjadi andalan untuk menampilkan kesan segar. Masa produksi hingga saat ini sudah kami mulai sejak enam bulan lalu dibantu dengan perwakilan TRD Indonesia," ucap Donny Adhi Yuono, Chief Desainer and Accessories Planning TAM.

Stanly Ravel/KompasOtomotif Toyota Agya Kojo

Kojo


Ubahan pada mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), Agya, mengusung tema yang lebih fun dari versi konvensionalnya. Warna kuning kenari dipilih mewakili kesan muda dan sporty. Dikolaborasikan dengan penempatan pelek 15 inci menguatkan kesan city adventure.

"Nama Kojo kita ambil dari bahasa sunda yang artinya jagoan atau andalan. Agya memang menjadi andalan kita untuk memberikan insoirasi bahwa sebuah LCGC pun bisa memiliki tampilan yang lebih ceria," ujar Mifta Farid anggota desainer TAM.

Penulis : Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian