Alat Anti-kebakaran Praktis buat Mobil

Selasa, 25 Agustus 2015 | 16:23 WIB
Aditya Maulana, KompasOtomotif Alat pemadam kebakaran yang bisa disimpan di dalam kap mesin mobi.


Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Kasus mobil terbakar sudah sering terjadi di Indonsia, khususnya Jakarta. Tidak hanya mobil berumur tua, model terbaru pun beberapa kali dilaporkan terbakar. Kejadian itu diakibatkan ada bagian tertentu yang bermasalaah, seperti kelistrikan.

Guna mencegah musibah itu terjadi, ada produk aftermarket khusus untuk memadamkan api dengan aman dan praktis. Adalah Power X Fire Block yang dirancang untuk penggunaan gedung hingga kendaraan yang ditempatkan di ruang mesin.

Rizki, Store Marketing Fire Block mengatakan, alat yang memiliki berat bersih 150 gram ini bisa ditempatkan di dalam kap mesin mobil, sehingga ketika terjadi kebakaran langsung bisa bekerja dengan maksimal.

Cara kerjanya ada dua, pertama menggunakan sumbu yang ada pada alat tersebut dan terakhir bekerja dengan mendeteksi suhu (di atas 180 derajat).

“Jadi ketika api di dalam kap mobil sudah sampai di sumbu alat ini akan bekerja. Tapi jika api belum sampai ke sumbu, alat ini akan bekerja jika suhu di dalam sudah lebih dari 180 derajat celcius,” ujar Riki saat ditemui KompasOtomotif di GIIAS, Selasa (25/8/2015).

Kandungan powder yang ada pada alat ini sangat ramah lingkungan sehingga ketika api sudah selesai dipadamkan, sisa powdernya mudah dibersihkan dan tidak berbahaya.

“Selama dipameran GIIAS 2015, kita ada program untuk konsumen, yakni potongan harga dari Rp 990 ribu menjadi 790 ribu. Ini untuk yang disimpan di mobil,” tuntas Rizki.

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian