Ini Prototipe Pertama Skuter Listrik Garansindo

Senin, 24 Agustus 2015 | 18:09 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Prototipe skuter listrik Garansindo mejeng di IIMS 2015.

Jakarta, KompasOtomotif – Tolok ukur ambisi Garansindo Inter Global menghasilkan sepeda motor listrik bisa dilihat di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Di salah satu sudut “Garasindo World” bisa terlihat unit prototipe skuter bertenaga listrik yang dikembangkan bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Unit ini tampil "telanjang", desainnya dibuat oleh tim peneliti ITS. Seperti bisa dilihat, sasisnya jenis tubular dan sudah terbentuk seperti skutik kelas Honda Beat, terdapat sistem gerak, memiliki baterai di dalam rangka, dilengkapi pengatur elektronik motor listrik, sistem manajemen baterai, sistem monitor kerja, dan penampang indikator.

Salah satu peneliti ITS, Agus Mukhlisin, mengatakan kepada KompasOtomotif, Senin (24/8/2015), kerja sama Garansindo dengan ITS hanya fokus untuk sistem gerak dan elektronik. “ITS yang memfasilitasi. Mereka maunya lebih cenderung produk dalam negeri, kira-kira nanti 80 persen produksi lokal. Salah satu yang belum adalah baterai, kita rencananya ambil dari Jepang atau China," kata Agus.

Febri Ardani/KompasOtomotif Detail Prototipe skuter listrik Garansindo.
ITS tidak bertugas merancang bodi. Desain bodi akan dirancang Italjet, merek sepeda listrik asal Italia yang sudah diakuisisi Garansindo.

Meski model konsep sudah nyata, masih banyak hal yang perlu diputuskan atau diubah sebelum diproduksi massal. Ada beberapa hal yang masih perlu pertimbangan khusus, seperti penggunaan suspensi tunggal di belakang, posisi baterai di bawah jok, pemakaian rantai sebagai penyalur tenaga, dan komposisi letak komponen.

Agus mengatakan, skuter listrik ini belum diberi nama, tetapi versi pengembangan kedua akan diperkenalkan pada Desember 2015. Menurut road map pengembangan, pada 2016 dua unit purwarupa sudah selesai dibuat dan penyuplai komponen sudah ditentukan.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian