Motor Setengah Miliar Yamaha Ludes di Indonesia

Minggu, 23 Agustus 2015 | 09:59 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Yamaha YZR-M1 dan Yamaha YZF-R1M.

Tangerang Selatan, KompasOtomotif — Promosi buat YZF-R1 dan YZF-R1M yang dilakukan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terbukti ampuh. Dibantu pamor dan kekuatan asli spesifikasi, jatah kedua model itu untuk Indonesia ternyata sudah habis dipesan sebelum peluncuran.

Saat peluncurannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Sabtu (22/8/2015), Executive Vice President YIMM Dyoninsius Beti mengungkapkan, kuota pertama untuk Indonesia yakni 5 unit untuk R1 dan 5 unit buat R1M. R1 hanya diproduksi 500 unit untuk disebar ke seluruh dunia.

Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi terbaru Yamaha YZF-R1 resmi meluncur di Indonesia.
Dyon mengaku terkejut model produksi paling bertenaga Yamaha ini tidak sulit menemukan pembeli di Indonesia. Padahal, harganya sudah selevel dengan mobil-mobil premium, yaitu R1 dijual Rp 495 juta dan R1M dibanderol Rp 645 juta.

“Indonesia ternyata peminatnya banyak, tadinya saya juga enggak yakin. Kami akan impor lagi, kami akan lihat animo masyarakat. Tadinya saya pikir enggaklaku karena begitu mahal,” ujar Dyon.

Pemesan R1 dan R1M hanya perlu menyatakan ketertarikan dengan menyertakan uang tanda jadi Rp 10 juta. Dyon bilang paling cepat tiga bulan lagi unit impor dari Jepang sudah bisa masuk Indonesia. “Kami akan komunikasikan, kami akan minta jatah dua kali lipat,” papar Dyon.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian